IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PEMILIHAN GURU BERPRESTASI PADA SMP ISLAM PONDOK DUTA

Yananda Eka Chintyari, Titin Prihatin

Abstract Views : 156 Times | Views : 114 Times

Abstract


Dalam pelaksanaannya, SMP Islam Pondok Duta telah menerapkan pemilihan guru berprestasi setiap tahunnya. Pemilihan guru berprestasi ini sangat penting untuk memberikan reward atau penghargaan kepada guru tetap, sehingga dapat menjadi pengaruh yang positif dalam meningkatkan kualitas dari masing-masing guru. Proses pemilihan guru berprestasi di SMP Islam Pondok Duta saat ini dilakukan dengan cara voting, voting dilakukan oleh para guru dan hasil voting terbanyak akan menentukan siapa yang berhak menjadi guru berprestasi. Namun cara tersebut dinilai subyektif, karena hanya berdasarkan pendapat pribadi dari masing-masing guru dan tidak didasari dengan kriteria-kriteria tertentu, sehingga sering terjadinya kecemburuan sosial diantara guru. Metode Simple Additive Weighting (SAW)sering juga dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot, konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW)adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode Simple Additive Weighting (SAW)membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang didapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada.



View Counter: Abstract | 156 | times, Article PDF | PDF | 114 | times

Full Text:

PDF

References


Chintyari, Y., E., & Prihatin, T. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Darmawan, A. P., & Darmawan, A. E. B. A. P. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Ideal Untuk Mengisi Jabatan Struktural Dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting Di Kpri Sri Rejeki Donomulyo Malang. Jurnal Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, 1(2).

Fiqih, M., & Kusnadi, Y. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode SAW Pemilihan Dosen Berprestasi. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 2(1), 41-50.

Frieyadie, F. (2016). Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), 37-45.

Gunawan, S., (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik pada SMA Negeri 2 Kutacane dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) .Jurnal Pelita Informatika Budi Darma Volume: IX, Nomor: 3, April 2015.Retrieved fromhttp://www.ilmuskripsi.com/2016/06/jurnal-sistem-pendukung-keputusan_3.html

Mufizar, T. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Di STMIK Tasikmalaya Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 7(3), 155-166.


Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.