PENERAPAN VPN IP SECURITY SITE TO SITE DI KEMENTRIAN PERHUBUNGAN

  • Fatmawati Fatmawati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Luthfi Firdhaus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Bambang Wijonarko Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Virtual Private Network, Jaringan Skala Luas, IP Security

Abstract

Teknologi jaringan saat ini sudah bukan mencakup satu gedung, atau satu kantor atau satu area saja, tetapi saat ini perkembangannya beberapa convarege area beda propinsi, beda pulau bahkan bisa juga beda benua. Kementrian perhubunhgan merupakan kantor pemerintahan yang di mana keamanan dalam pengiriman data adalah suatu hal yang sangat penting. Permasalahan yang terjadi di Kementrian Perhubungan adalah belum amannya proses pengiriman data yang di lakukan dari kantor pusat ke kantor cabang. Hadirnya VPN memberikan suatu mediasi jalur komunikasi melalui jaringan publik dengan proses enkripsi pada data, sehingga data yang akan di transmisikan hanya dapat di akses oleh client  dan terjaga kerahasiaannya. Dengan menggunakan infrastruktur VPN  IPSecurity merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan keamanan data pada jaringan komputer yang mendukung banyak metode otentikasi dan enkripsi. IPSec bekerja dengan melakukan enkripsi pada paket data secara otomatis sebelum dikirimkan. Dengan demikian walaupun data berhasil disadap oleh pihak ketiga maka data tidak akan berguna karena data telah terenkripsi. Permasalahan seperti ini pada dasarnya merupakan masalah umum yang biasa terjadi di banyak perusahaan diseluruh dunia.

 

Kata Kunci: Virtual Private Network, Jaringan Skala Luas, IP Security

References

Firdhaus, L., Fatmawati, & Wijonarko, B. (2018). Laporan Hasil Penelitian.

Hendriana, Y. (2012). Evaluasi Implementasi Keamanan Jaringan Virtual Private Network (VPN) (Studi Kasus Pada CV. Pangestu Jaya). Jurnal Teknologi, 5, 132–142.

Hidayatulloh, S. (2014). Analisis Dan Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Protokol IPSec. Jurnal Informatika, I(2), 93–104.

Munandar, A., & Badrul, M. (2015). Penerapan Open Vpn Ipcop Sebagai Solusi Permasalahan Jaringan Pada PT. Kimia Farma Trading & Distribution. Teknik Komputer AMIK BSI, 1(1), 30–41.

Pt, K., & Frasti, T. (2017). Implementasi Protokol S / Mime Pada Layanan E-Mail Peningkatan Jaminan Keamanan Secara Online Pada, 2(2).

Supriyono, H., Widjaya, J. A., & Supardi, A. (2013). Penerapan Jaringan Virtual Private Network Untuk Keamanan Komunikasi Data Bagi PT. Mega Tirta Alami. Warta, 16, 88–101.

Suryanto, & Dewi, S. (2013). Implementasi Jaringan VPN Berbasis IP-MPLS Pada PT. Mhe Demag Indonesia. Paradigma, XV(1), 98–105.

Varianto, E., & Badrul, M. (2015). Implementasi Virtual Private Network dan Proxy Server Menggunakan Clear OS Pada PT . Valdo International. Teknik Komputer AMIK BSI, 1(1), 54–65.

Published
2019-08-13
How to Cite
Fatmawati, F., Firdhaus, L., & Wijonarko, B. (2019). PENERAPAN VPN IP SECURITY SITE TO SITE DI KEMENTRIAN PERHUBUNGAN. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 13-20. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/515
Article Metrics

Abstract viewed = 38 times
PDF downloaded = 24 times