Analisis Keputusan Menentukan Jurusan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Metode Simple Additive Weighting

  • Rusdiansyah Rusdiansyah (1*) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Multiple Atrribute Decision Making

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat digunakan untuk membantu seseorang dalam meningkatkan kinerja dalam pengembalian keputusan. Dengan menggunakan SPK, diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah untuk menentukan jurusan di SMK. Dalam penelitian ini akan dikembangkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode yang dapat menyelesaikan permasalahan Multiple Atrribute Decision Making (MADM) yang terbukti memiliki kinerja yang sangat efektif terhadap data-data yang nilainya berupa kisaran dalam jangkauan nilai tertentu. Metode SPK yang digunakan dalam penelitian adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, yang dilanjutkan dengan proses perangkingan. Sehingga akan menghasilkan alternatif terbaik dari banyak alternatif dengan perhitungan yang cukup tepat. Alternatif adalah calon siswa baru yang ada di SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) yang akan diseleksi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukanAbstrak yang ditulis dengan baik dapat membantu pembaca dalam menyimpulkan isi pokok tulisan dengan cepat dan tepat, mengetahui kesesuaian dengan minatnya, sehingga dapat mengambil keputusan untuk terus membaca seluruh dokumen atau tidak.

 

References

Darmastuti, D., (2013). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 2(1).

Frieyadie, F., (2016). Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), pp.37-45.

Hermanto, N. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK Bakti Purwokerto. Semantik 2012, 52-62.

Khoiriah, A.N.S. and Imbar, R.V., (2015). Pembuatan Sistem Akademik Pada Sma Pgii Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1(1).

Kusrini.2007.Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta; Andi Offset. luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud70-2013KD-StrukturKurikulum-SMK-MAK.pdf. (29, Oktober 2016)

Kusumadewi,Sri ;dkk. (2016) .Fuzzy Multi-Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu

Maryanti, E., (2011). Penjurusan Siswa Smk Dengan Metode Decission Tree Dan Metode SAW (Simple Additive Weighting)(Studi Kasus: SMK Negeri 2 Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Nurdiyah, D., (2016). Decision Support System For Approval New Student And Majoring Selection Based On Student’s Interest And Talent By Fuzzy Multiple Decision Making, Simple Additive Weighting And Buble Sort Method In SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. Jurnal Transformatika, 14(1), pp.44-49.

Prasetyo, Bambang, dan Lina Miftahul Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Rajawali Pers.

Rohayani, Hetty. (2013). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy. ISSN. Print: 2085-1588. ISSN. Online: 2355-4614. Halaman: 530-539 Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol.5,No,April 2013. Diambil dari:http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index. (24, Oktober 2016)

Rusdiansyah (2016). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: AMIK BSI Jakarta

Sugiarti, A.T., (2016). Penerapan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma N 3 Yogyakarta (Doctoral dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D Bandung : Alfabeta.

Susanti, R. and PANGESTUTI, I.R.D., (2010). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada perusahaan go public yang listed tahun 2005-2008) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Tobing, L, Goyanti. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Siatas Barita Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). ISSN. 2338-210X. Medan Diambil dari : http://www.stmik-budidarma.ac.id.
Published
2017-03-15
How to Cite
Rusdiansyah, R. (2017). Analisis Keputusan Menentukan Jurusan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 49-56. https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.184
Article Metrics

Abstract viewed = 365 times
PDF downloaded = 286 times