Rancang Bangun Media Pembelajaran Ensiklopedia Negara-Negara Asean

  • Sidik Sidik (1) Sastra InggrisSekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Nusa Mandiri
  • Joko Prasetyo (2*) Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: nteractive Animation, The Encyclopedia of ASEAN countries, android apps, The Encyclopedia of ASEAN countriesFF

Abstract

Dalam era globalisasi, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai sebuah negara, tidaklah cukup dengan hanya membaca buku saja. Hal ini disebabkan informasi yang disajikan buku pelajaran masih tergolong minim. Untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai suatu pengetahuan umum, dapat menggunakan beberapa buku-buku ensiklopedia. Dengan adanya buku-buku ensiklopedia tersebut, pengguna dapat mencari informasi mengenai Negara yang mereka cari. Hal ini tentu saja cukup menyita waktu untuk mencari dan tidak efisien. Selain itu harga buku – buku ensiklopedia relatif mahal, ukurannya lebih tebal, pembahasan yang disampaikan terkadang masih kurang jelas, berat, dan memerlukan waktu yang lama karena harus memeriksa daftar isi atau index terlebih dahulu sebelum menemukan informasi yang dibutuhkan. Aplikasi animasi interaktif berbasis android ini menjelaskan tentang sejarah dan geografik Negara ASEAN yang disertai latihan soal dan game interaktif untuk menguji hasil dari pengenalan tentang negara asean. Tujuan pembuatan aplikasi ini untuk memudahkan siswa dalam memahami negara – negara yang menjadi anggota ASEAN beserta sejarah, bahasa, bendera dan budayanya. Pembuatan animasi ini dilakuan beberapa langkah agar terlihat lebih interaktif dan menarik, mulai dari pemilihan warna keserasian antara gerakan gambar dan suara serta tempo gerakan gambar. Hasil dari penelitian ini menjadikan siswa-siswi dapat dengan mudah mengetahui negara-negara mana saja yang menjadi anggota ASEAN, sejarahnya, lagu nasional, lambang negara, batas negara, pendapatan perkapita dan lain-lain, sehingga dapat menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan.

References

Berry, S. (2016). Analisis Upaya Guru Dalam Memotivasi Siswa Pada Proses Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi Ips2. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2).

Erawati, Indri. Yamasari, Yuni. (2013). Aplikasi Ensiklopedia Negara Digital Untuk Memotivasi Pengguna Dalam Mengenal Negara Di Dunia. Jurnal Manajemen Informatika Ubaya. Volume 02 Nomor 01 Tahun 2013 1-9.

Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 115-123.

IDC. (2017). Smartphone OS Market Share, Q3 2013. Diakses dari http://www.idc.com/prodserv/smartphone-os-market-share.jsp 13 Mei 2017

Pebrianto, S. (2011). Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perpustakaan Umum Kabupaten Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 2(2).

Tantriadi, Yonathan (2013), Pembuatan Ensiklopedia Interaktif Tata Surya untuk Anak

Smp, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1 Jurusan Teknik

Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya.

Wismarini, Th.Dwiati, Santoso, Dwi Budi dan Ningsih, Dewi Handayani Untari 2012,

Elektronik Ensiklopedi Tanaman Herba sebagai Bank Data Digital Tanaman Obat, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Vol 17, No.2, Juli 2012 : 90-97, Program
Published
2017-03-15
How to Cite
Sidik, S., & Prasetyo, J. (2017). Rancang Bangun Media Pembelajaran Ensiklopedia Negara-Negara Asean. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 63-70. https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.186
Article Metrics

Abstract viewed = 373 times
PDF downloaded = 357 times