PENGARUH KUALITAS LAYANAN BJB NET TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BJB RASUNA SAID MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

  • Mala Kharisma Tehnik Informatika STMIK Nusa Mandiri
  • Sita Anggraeni Tehnik Informatika STMIK Nusa Mandiri
Keywords: METODE WEBQUAL 4.0, Customer Satisfaction, BJB Net

Abstract

Pemakaian teknologi internet dalam perbankan merupakan salah satu upaya bank untuk merangkul nasabah dengan memberikan layanan yang mempermudah transaksi. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini,permasalahan yang diangkat adalah mengukur kualitas website BJB.net diukur dengan menggunakan metode WebQual. WebQual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website berdasarkan pengguna akhir. Secara parsial ketiga dimensi WebQual yaitu kegunaan (Ussability), kualitas informasi (Information Quality) dan kualitas interaksi (Interaction Quality) mempengaruhi kepuasan nasabah secara signifikan. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah di bank bjb Rasuna Said, Jakarta, yang menggunakan layanan bjb net. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan bjb net. Secara simultan kualitas layanan bjb net berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Customer Satisfaction).

References

Arifin, S. R., Nugroho, E., & Hantono, B. S. (2015). ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE UNIVERSITAS HASANUDDIN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 MODIFIKASI. TEKNOMATIKA, 8(1), 81–82. Retrieved from http://teknomatika.stmikayani.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/08.-Suci-Ramadhani-Arifin-Eko-Nugroho-Bimo-Sunarfri-Hantono-Analisis-Kualitas-Layanan-Website-Universitas-Hasanuddin-dengan-Metode-WebQual-4.0-Modifikasi.pdf

Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN BUKALAPAK.COM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 173–180. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61

Florentina, T., & Sugiarto. (2014). Metode Penelitian Cara. Mudah Membuat Makalah, Skripsi, Tesis. Tangerang: PT. Matana Bina Utama.

Irawan, C. (2016). EVALUASI KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN WEBQUAL (STUDI KASUS PADA KABUPATEN OGAN ILIR). KNTIA, 2(0). Retrieved from http://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/kntia/article/view/717

Kharisma, M., & Anggraeni, S. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.

Napitupulu, D., Ariani, A. F., & Kadar, J. A. (2016). ANALISA KUALITAS WEBSITE INTRA LIPI BERBASIS PENDEKATAN WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS : STUDI KASUS DI SATKER X. In 11th Annual Meeting on Testing and Quality 2016 (pp. 404–419). Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Darmawan_Napitupulu2/publication/318928167_ANALISA_KUALITAS_WEBSITE_INTRA_LIPI_BERBASIS_PENDEKATAN_WEBQUAL_DAN_IMPORTANCE_PERFORMANCE_ANALYSIS_STUDI_KASUS_DI_SATKER_X/links/5985f07245851560584a3609/ANALISA-KUALITAS-WEB

Permatasari, I. (2012). ANALISIS PENILAIAN KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 TERHADAP NASABAH BNI DAN BCA WILAYAH JAKARTA. Repository UG. Retrieved from http://publication.gunadarma.ac.id/handle/123456789/6186

Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 31–38. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/432

Ronny, Suryani, T., & Hiqmah, F. (2016). MANAJEMEN PENGEMBANGAN LAYANAN INTERNET BANKING: STUDI EMPIRIK PADA BANK DI INDONESIA. In SEMNAS FEKON (pp. 429–436). Tangerang Selatan: Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/6605/1/45-ronny.pdf

Wardhana, A. (2015). DETERMINAN KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL VERSI 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH TOP BRAND E-CHANNEL BANK DI INDONESIA. IMAGE, 4(1), 1–14. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/image/article/view/2325
Published
2018-03-15
How to Cite
Kharisma, M., & Anggraeni, S. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN BJB NET TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BJB RASUNA SAID MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(1), 13-18. https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.52
Article Metrics

Abstract viewed = 49 times
PDF downloaded = 38 times