IMPLEMENTASI MODEL RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETPLACE

  • Susi Susilowati Manajemen Informatika AMIK B SI Bogor
  • Muhamad Tirta Negara Manajemen Informatika AMIK B SI Bogor
Keywords: Rapid Application Development, E-MARKETPLACE, Perancangan Aplikasi

Abstract

Pada era modern internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa ada batasan apapun yang dapat menghalanginya atau bersosialisasi dalam segi apapun dalam perkembangan pertukaran informasi di zaman yang sudah maju ini. Dalam hal ini perkembangan transaksi online sangat banyak diminati dari pada transaksi secara konvesional, karena sudah banyak orang menggunakan internet sehingga sangat mudah sebagai media promosi yang luas. Tanpa adanya sarana untuk berkomunikasi dan bertransaksi akan menghambat efisien dan efektifitas setiap orang dengan yang lainnya. Sehingga aktifitas transaksi antara penjual dan pembeli menjadi terhambat. Oleh karena itu dibutuhkan sarana untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, terutama sulitnya informasi yang didapat dan dibutuhkan oleh penjual dan pembeli. Sehingga perlu dibangun dan dirancang sebuah aplikasi e-marketplace dimana web tersebut sebagai wadah untuk melakukan promosi dan transaksi antara penjual dan pembeli. Web yang disuguhkan adalah sebuah forum jual beli dimana penjual berjualan mempromosikan produk dan pembeli membeli produk yang diminati. Web ini dikembangkan menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) merupakan pendekatan berorientasi objek untuk menghasilkan sebuah sistem dengan sasaran utama mempersingkat waktu pengerjaan aplikasi dan proses agar sesegera mungkin memberdayakan sistem perangkat lunak tersebut secara tepat dan cepat yang terdiri dari tahap requirement planning, design system, instruction dan implementation.

References

Britton, Carol., Doake, J. (2001). Object-Oriented Systems Development. McGrawHill.

Frieyadie, F. (2014). PENGGUNAAN MODEL RAD UNTUK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET BUS ONLINE. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(2), 204–208. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/359

Haryanti, T., & Fachrurozi, M. M. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERALATAN PARKING SYSTEM PADA PT. AUTOPARKING INDONESIA. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 245–248. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/687

Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2010). Analisis dan Perancangan Sistem (5th ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Kodong, F. R. (2012). Model Aplikasi E-Market Sebagai Sarana Promosi Dan Tukar Menukar Informasi. Prodi Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta, 75–84.

Pandey, Vishal., Bairwa, Avinash., Bhattacharya, Sweta. (2013). Application of the Pareto Principle in Rapid Application Development Model. International Journal of Engineering and Technology (IJET), Vol. 5, No, 2649–2654.

Setiyawan, A., Kodong, F. R., & Kaswidjanti, W. (2015). MODEL APLIKASI E-MARKET SEBAGAI SARANA PROMOSI DAN TUKAR MENUKAR INFORMASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI. Telematika, 8(2), 75–84. Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/article/view/446

Simarmata, J. (2006). Perancangan Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Susilowati, S., & Negara, M. T. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Bogor: AMIK BSI Bogor.

Yasin, V. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Published
2018-03-15
How to Cite
Susilowati, S., & Negara, M. (2018). IMPLEMENTASI MODEL RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PERANCANGAN APLIKASI E-MARKETPLACE. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(1), 25-30. https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.54
Article Metrics

Abstract viewed = 116 times
PDF downloaded = 129 times