Pengenalan Mudahnya Berkreasi Video Gaya Atraktif Pada Generasi Milenial

  • Maruloh Maruloh (1*) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Dikdik Permana Wigandi (2) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Agus Yulianto (3) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kreasi Video, Generasi Milenial, RPTRA Alur Dahlia

Abstract

Survei We are Social menyebutkan 150 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial (medsos). Dari beragam medsos, Youtube menjadi platform yang terbanyak diakses yaitu sekitar 88% dari pengguna medsos pada tahun 2019. Youtube menjadi medsos yang paling banyak diakses oleh generasi milenial. Dalam perkembangannya, munculah istilah konten kreator. Konten kreator merupakan orang yang berprofesi untuk membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, atau suara. Konten dengan menggunakan video merupakan salah satu yang paling popular saat ini. Banyak anak-anak dan remaja yang tertarik dengan aplikasi berkonten video. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlokasi di RPTRA Alur Dahlia dengan target peserta anak-anak dan remaja RPTRA Alur Dahlia, yang berlokasi di RT 2 RW 7, Kelurahan Tegal Alur Jakarta Barat. Permasalahan yang bisaa terjadi pada anak-anak dan remaja disana adalah intensya atau seringnya anak-anak dan remaja membuka Youtube atau aplikasi yang berkonten video. Entah itu untuk sekedar melihat atau mereka membuat konten video untuk diupload. Oleh karena itu perlu bimbingan dan pelatihan kepada mereka bagaimana membuat konten video yang tidak hanya menarik, tetapi juga mendidik dan bermanfaat untuk sesama. Dari permasalahan tersebut, kami melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di RPTRA Alur Dahlia agar anak-anak disana bisa lebih terbuka wawasannya mengenai aturan pembuatan konten video dan mampu membuat video yang bermanfaat dan berguna untuk masyarakat.

References

F. Amsury et al., “Workshop Pemanfaatan Market Place Dalam Menunjang Pemasaran Produk Pada Komunitas Mersi Fans Club Dimasa Pandemik Covid-19,” AbdiMas Nusa Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 43–48, 2020.

R. A. Purba et al., Teknologi Pendidikan, 1st ed., vol. 1. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020.

E. Sindang, “Manfaat Media Sosial Dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan,” Pusdiklat KNPK, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2013.

M. Pratama, “Peranan Video Editor Pada Konten Youtube SatuPersen,” umn.ac.id, vol. 1, no. 1, 2020.

S. Adinda and E. Pangestuti, “PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @exploremalang TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE SUATU DESTINASI (SURVEI PADAFOLLOWERS @exploremalang),” J. Adm. Bisnis, vol. 72, no. 1, pp. 176–183, 2019.

S. Kemp, “Digital 2020: Indonesia,” datareportal.com, 2020. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia.

A. R. Rachmawati, “Lebih dari Separuh Kuota Data Digunakan Milenial untuk Mengakses Youtube,” pikiran-rakyat.com, Bandung, p. Ekonomi, 19-Sep-2019.

K. Lalo, “Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi,” Ilmu Kepol., vol. 12, no. 2, pp. 68–75, 2018.

N. A. Meinard, “Pemaknaan Kreator Konten Youtube: Studi Fenomenologi Kreator Konten Tim2one Chandra Liow Dan Usama Harbatah Memanfaatkan Media Baru,” 2018.

B. F. Wicaksono, M. Ibadurrahman, R. Ariansyah, and I. Handriani, “Sistem Aplikasi ‘Pinda’ Untuk Mencari Content Creator Menggunakan Metode Scrum,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 162–168, 2019.

D. Ruth and D. A. Candraningrum, “Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram,” Koneksi, vol. 4, no. 2, p. 207, Oct. 2020.

R. Yusri, S. Edriati, and R. Yuhendri, “PELATIHAN MICROSOFT OFFICE EXCEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGOLAH DATA,” RANGKIANG J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 32–37, Aug. 2020.

Published
2020-10-29
Article Metrics

Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 6 times