Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada TPQ Nurul Huda

  • Lia Mazia (1*) STMIK Nusa Mandiri
  • Wulan Dari (2) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Lusa Indah Prahartiwi (3) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Yuyun Yuningsih (4) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Endang Pujiastuti (5) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Online Learning, Google Classroom, Computer Trainning.

Abstract

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan yang tugas pokoknya mentransformasikan, mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan; penelitian dan pengabdian masyarakat. STMIK Nusa Mandiri telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di TPQ Nurul Huda dimana para guru dan siswanya masih membutuhkan pengetahuan dan informasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran selama pandemi dengan memanfaatkan media pembelajaran online. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat berada di Sunter Muara RT. 012/05 Kelurahan Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priuk, Jakarta Utara 14350. Selama pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran di TPQ Nurul Huda dilakukan dengan pembelajaran online, namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan baik dan lancar, kemudian dari hasil yang diperoleh melalui kegiatan pengabdian masyarakat bahwa guru dan siswa tetap dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh secara online dirumah dengan materi pembelajaran yang dapat disampaikan melalui aplikasi google classroom

References

S. Setiati and M. K. Azwar, “COVID-19 and Indonesia,” Acta Med. Indones., vol. 52, no. 1, pp. 84–89, 2020.

H. Amalia, T. Retnasari, and S. Rachmawati, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Akademik Rumah Tahfidz Dan Tpq Sakinah Cipayung Jakarta Timur,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 228–235, 2020.

S. Marlina et al., “PELATIHAN WEB PROGRAMMING DALAM PEMBUATAN HALAMAN,” vol. 1, no. 2, pp. 5–10, 2019.

“Operasionalisasi Diagnostik dan Remedial Teaching.” [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/dinamaslahah7871/5be2ea6cc112fe24894566e2/operasionalisasi-diagnostik-dan-remedial-teaching.

B. Warsita, “Pendidikan Jarak jauh,” pp. 22–43, 2011.

A. Riyandi, R. Aulianita, A. Wiyatno, V. Triantori, and N. Musyaffa, “Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” J. AbdiMas Nusa Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 37–42, 2020.

U. H. Salsabila, W. M. Lestari, R. Habibah, and U. A. Dahlan, “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi,” vol. 2, no. 2, 2020.

I. Purnamasari et al., “Produktif dari rumah dengan memanfaatkan media online,” vol. 1, no. 2, pp. 5–10, 2019.

S. Siregar, Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

M. I. Beladin and D. B. Munas, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha Dari Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang,” Diponegoro J. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2013.

Published
2021-04-05
How to Cite
[1]
L. Mazia, W. Dari, L. Prahartiwi, Y. Yuningsih, and E. Pujiastuti, “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada TPQ Nurul Huda”, abdimas, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, Apr. 2021.
Article Metrics

Abstract viewed = 77 times
PDF downloaded = 64 times