PENINGKATAN MUTU KUALITAS PENGURUS YAYASAN KOPIA RAYA INSANI DALAM PROSES ADMINISTRASI DENGAN PELATIHAN MICROSOFT OFFICE

  • Siti Nurhasanah Nugraha (1*) Universitas Nusa Mandiri
  • Susy Rosyida (2) Universitas Nusa Mandiri
  • Anna Mukhayaroh (3) Universitas Nusa Mandiri
  • Evita Fitri (4) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kata Kunci: Peningkatan Mutu Kualitas; Pelatihan; Administrasi, Yayasan Kopia Raya Insani

Abstract

Salah satu manfaat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah berupaya dalam meningkatkan mutu atau kualitas sumber daya manusia dalam aspek pengetahuan, peningkatan wawasan serta keterampilan yang dimiliki dan diimplementasikan oleh para akademisi perguruan tinggi. Hal ini pun sebagai salah satu perwujudan tridharma yang ikut aktif dalam mewujudkan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat luas. Adapun pada impelementasinya, kemajuan teknologi informasi merupakan salah satu sumber yang berperan penting dalam beberapa kegiatan pengabdian masyarakat, diantaranya teknologi berperan dalam menunjang bidang ekonomi, bidang pendidikan ataupun bidang lainnya. Selain untuk menunjang kegiatan tersebut, teknologi informasi juga dapat menunjang dalam menyelesaikan persoalan administrasi. Adapun kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini secara khusus ditujukan kepada pengurus Yayasan Kopia Raya Insani, hal ini dilakukan karena adanya keterbatasan wawasan terkait penggunaan sarana dalam proses administrasi. Pada dasarnya, terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam proses administrasi, salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menunjang persoalan tersebut adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Namun banyak fitur yang yang dimiliki perangkat lunak Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point yang masih kurang familiar di sebagian pengguna, terutama oleh para pengurus Yayasan Kopia Raya Insani. Adapun solusi yang akan kami berikan yaitu dengan diadakannya pelatihan penggunaan Microsoft Office sebagai sarana penunjang dalam proses administrasi pengurus Yayasan Kopia Raya Insani dengan tujuan para pengurus dapat mengerti tata kelola yang lebih baik dalam proses administrasi dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak yang tersedia dalam Microsoft Office.

References

[1] B. L. Tampang, “Peran Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Vokasi Pendidikan Tinggi,” Pros. Semin. Int. Aptekindo, pp. 415–422, 2010.
[2] S. Defiyanti and H. H. Handayani, “Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Dengan Pelatihan Microsoft Office Pada Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang,” Maj. Ilm. SOLUSI, vol. 11, no. 26, 2013.
[3] A. Diana, D. R. Utari, and A. Saputro, “Peningkatan mutu siswa dengan pelatihan Microsoft Office bagi siswa PKBM Jakarta Selatan,” Ikraith-Abdimas, vol. 2, no. 3, pp. 55–62, 2019.
[4] Y. S. Mulyani, T. Wibisono, T. Alawiyah, and A. I. Warnilah, “Pelatihan Komputer Dasar Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Bagi Guru-Guru Ra/Tpq/Dta Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya.,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 234–240, 2019.
[5] P. Arsi, S. Waningsih, A. S. Pambudi, and W. Maisa, “Peningkatan Kualitas Sdm Dengan Pemanfaatan Iptek Melalui Pelatihan Komputer Dasar Dan Internet Pada Anggota Polsek Kedungbanteng,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 191–196, 2019.
Published
2022-07-13
How to Cite
[1]
S. Nugraha, S. Rosyida, A. Mukhayaroh, and E. Fitri, “PENINGKATAN MUTU KUALITAS PENGURUS YAYASAN KOPIA RAYA INSANI DALAM PROSES ADMINISTRASI DENGAN PELATIHAN MICROSOFT OFFICE”, abdimas, vol. 4, no. 1, pp. 13 - 19, Jul. 2022.
Article Metrics

Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 16 times