IMPLEMENTASI TES STIFIN DALAM PENENTUAN WALI KELAS UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU SD AL WASLIYAH BROMO MEDAN
Abstract
Pada masa pandemic Covid 19, Rata- rata siswa diharuskan belajar di rumah hanya dengan online class saja. Berdasarkan hasil observasi ke sekolah SD Al-Wasliyah, Dalam era New Normal saat ini, pihak sekolah telah memperbolehkan siswan bersekolah dengan cara memberikan jadwal/ gelombang untuk seminggu hanya 3 kali saja. Hal ini yang mengakibatkan Kurangnya pemahaman dan keahlian Wali kelas sebagai ibu di kelas untuk intens dan mengerti kondisi anak. Sehingga SD Al-Wasliyah menerapkan STIFIn tes terhadap semua gurunya, hal ini dikarenakan turunnya kinerja guru, minimnya pendekatan psikologis ke anak. Selama ini Kepala Sekolah hanya mampu menugaskan acak guru-guru yang akan menjadi wali kelas. Sehingga untuk pemetaan Kemampuan kompetensi Paedagogik, Keterampilan, Profesionalitas mereka masih kurang, Karena masih juga ada wali kelas yang belum mampu mengamankan kelas dan melakukan pendekatan ke siswa agar didalam kelas itu minat dan prestasi anak meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa ada hubungan antara STIFIn dalam meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Profesionalisme guru upaya pemilihan Wali kelas. Dalam Penelitian ini dilaksanakan di SD Al- Wasliyah Bromo Medan, Khususnya untuk guru- guru yang akan diangkat menjadi wali kelas pada tahun ajaran baru mendatang. Sebanyak 14 orang guru, akan di tes dan di uji baik dengan kompetensinya maupun keahliannya dengan STIFIn tes ini.
References
T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 103–114, 2018.
D. Rosyada, Paradigma pendidikan demokratis : sebuah model pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Jakarta: Kencana, 2004.
S. ; et al. Nurfadhillah, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III,” Pensa J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 243–255, 2021.
D. Yulmasita Bagou and A. Suking, “Analisis Kompetensi Profesional Guru,” Jambura J. Educ. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 122–130, 2020.
R. Ambaryuni, “Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo),” IAIN Ponorogo, 2021.
M. Nande and W. A. Irman, “Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 180–187, 2021.
A. Anugrahana, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 3, pp. 282–289, 2020.
nadjamuddin Ramly, Rahasia dan Keajaiban Otak Tengah, Cet 1. Jakarta Selatan: Best Media Utama, 2010.
A. Sundari, A. Mahrudin, and A. Kholik, “Hubungan Stifin Dengan Profesionalitas Guru,” Tadbir Muwahhid, vol. 3, no. 1, p. 1, 2019.
V. L. Bigita, “Pemanfaatan Tes Stifin Sebagai Optimalisasi Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Rumah Cerdas Malang,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2018.
Copyright (c) 2022 Siti Aisyah, Suhendra Suhendra, Yusmar Ali, Wardayani Wardayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.