APLIKASI CANVA UNTUK PEMBUATAN MEDIA INFORMASI PADA ORGANISASI FATAYAT NU CILEDUG

  • Frieyadie Frieyadie (1*) Universitas Nusa Mandiri https://orcid.org/0000-0002-8282-0672
  • Syahriani Syahriani (2) Universitas Nusa Mandiri
  • Frisma Handayanna (3) Universitas Nusa Mandiri
  • Maryanah Safitri (4) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Aplikasi Canva, Media Informasi, Fatayat NU Ciledug

Abstract

Ormas Nahdlatul Ulama, ormas terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, memiliki lembaga independen untuk perempuan bernama Fatayat NU Ciledug Ormas. Pemuda Muslimah di organisasi Islam ini berusia antara 20 hingga 45 tahun. Hak dan kebutuhan hidup perempuan, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, adalah penyebab utama yang diperjuangkan Fatayat NU. Karena banyaknya kegiatan organisasi yang sedang berlangsung, seringkali diperlukan pembuatan brosur dan poster yang berfungsi sebagai sarana untuk menyebarkan informasi tentang acara yang akan datang. Harus disebutkan bahwa organisasi ini tidak memiliki keterampilan desain grafis yang diperlukan untuk mendukung penyebaran informasi publik tentang acara mendatang, apakah informasi tersebut akan didistribusikan secara manual atau melalui saluran media sosial organisasi. Metode yang digunakan adalah metode tutorial, metode tanya jawab dan metode praktik, dimana hasil dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para penggiat Ormas ini, menambah wawasan, dan memperdalam pemahamannya guna meningkatkan kemampuannya dalam membuat iklan, baik berbentuk booklet maupun poster. Hasil dari kegiatan ini para anggota dapat menambah keterampilan mereka didalam proses pembuatan iklan untuk penyebarluasan kegiatan mereka

References

F. Faroh, “Peran Fatayat NU Dalam Pembinaan Perempuan Di Bidang Sosial Keagamaan,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., 2014.

Y. Komalasari, M. Muharrom, and A. Sumbaryadi, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara,” Abditeknika J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 71–77, 2021.

D. Dharmawati, “Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, 2020.

S. Resmini, I. Satriani, and D. M. Rafi, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,” Abdimas Siliwangi, vol. 4, no. 2, pp. 335–343, Jul. 2021.

M. Vianty, M. Lailatin Nisphi, D. Eka Sari, M. Pendidikan Bahasa, F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, and U. Sriwijaya, “Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 171–180, Feb. 2022.

N. Fadilah Bakri et al., “Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online,” J. Ilm. Pro Guru, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, Jan. 2021.

P. Yuniarti et al., “Optimalisasi Google Form sebagai Media Pendataan dan Informasi Kegiatan Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia,” J. Bid. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 41–48, Apr. 2022.

S. Sunarti, S. Rachmawati, and F. Handayanna, “Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce,” J. Terap. Abdimas, vol. 4, no. 2, p. 166, 2019.

F. Frieyadie, N. Nurajijah, F. Amsury, D. N. Sulistyowati, and S. Fauziah, “Workshop Pemanfaatan Market Place Dalam Menunjang Pemasaran Produk Pada Komunitas Mersi Fans Club Dimasa Pandemik Covid-19,” J. AbdiMas Nusa Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 43–48, 2020.

L. Marlinda, H. Supendar, U. Radiyah, F. Handayanna, L. B. Doing, and K. T. Dan, “Implementasi Microsoft Word Untuk Mengolah Laporan Kegiatan,” J. Abdimas UBJ, vol. 1, no. 1, pp. 61–69, 2019.

Published
2022-10-06
How to Cite
[1]
F. Frieyadie, S. Syahriani, F. Handayanna, and M. Safitri, “APLIKASI CANVA UNTUK PEMBUATAN MEDIA INFORMASI PADA ORGANISASI FATAYAT NU CILEDUG”, abdimas, vol. 4, no. 2, pp. 63-68, Oct. 2022.
Article Metrics

Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 31 times