PELATIHAN PENGELOLAAN SDM DI ERA DIGITAL PADA KOPERASI SERBA USAHA KOMUNITAS WARGA BOJONG GEDE (KSU KOWAGE)

  • Sri Rusiyati (1*) Universitas Nusa Mandiri
  • Hary Mulyadi (2) Universitas Nusa Mandiri
  • Instianti Elyana (3) Universitas Nusa Mandiri
  • Bryan Givan (4) Universitas Nusa Mandiri
  • Adam Hidayah (5) Universitas Nusa Mandiri
  • Sulistia Fauzi (6) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: HR Management, Effective HR, Cooperative Performance

Abstract

Koperasi Serba Usaha Komunitas Warga Bojong Gede (KSU KOWAGE) berdiri pada tgl 01 oktober 2022,  berbentuk koperasi serba usaha dengan nama KSU KOWAGE (KOMUNITAS WARGA BOJONGGEDE) yang mempunyai kekhawatiran masa depan yang  penuh dengan ketidakpastian maka perlu persiapan-persiapan dengan menyusun perencanaan dan kekuatan besar agar dapat menghadapi ketatnya persaingan dan tingginya tuntutan kebutuhan hidup. Permasalahan yang dihadapi oleh KSU KOWAGE adalah mempunyai keinginan besar untuk mengembangkan usaha namun terkendala dengan keterbatasan seperti modal usaha yang kecil, lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan adanya dampak Pandemi Covid-19 menuntut semua pihak bergeser ke era digital termasuk dalam pengelolaan SDM. KSU KOWAGE di era digital sekarang ini juga memerlukan adanya peningkatan strategi dan teknik pengelolaan SDM yang lebih efektif. Maka perlu pelatihan tentang strategi dan teknik pengelolaan SDM yang efektif dalam era digital, termasuk bagaimana mengembangkan keterampilan digital anggota koperasi, membangun budaya kerja yang sesuai dengan era digital, dan cara mengelola tim kerja anggota koperasi dari berbagai tempat. Metode pelatihan yang digunakan adalah berupa ceramah dengan menyampaikan teori, sedangkan untuk metode praktikumnya yaitu simulasi dan tanya jawab. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu koperasi dalam menghadapi tantangan seperti kesempatan yang ditimbulkan oleh era digital dalam pengelolaan SDM dan membantu koperasi  dalam meningkatkan kinerja serta produktivitas anggota koperasi dalam era digital. Hasil pelatihan ini menunjukkan para peserta terdapat peningkatan kemampuan pemahaman tentang keterampilan digital, membangun budaya kerja yang sesuai dengan era digital, dan cara mengelola SDM dalam sebuah tim kerja serta meningkatkan kinerja dan produktivitas anggota koperasi dalam era digital.          

References

[1] D. Irawan, Strategi Pembinaan Koperasi. IKOPIN, 2021.
[2] H. S. Batubara, Muhammad Wandisyah R., “Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 03, pp. 1494–1498, 2021.
[3] Azhari, “Peranan Koperasi Dalam Perekonomian Indonesia,” J. Serambi Ekon. dan Bisnis│Vol, vol. 4, no. 2, pp. 47–52, 2017.
[4] S. Rahayu, “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Unit Desa Di Lau Gumba Brastagi Sumatera,” J. Manaj. Tools, vol. 12, no. 1, p. 51, 2020.
[5] F. Leuhery and R. Warbal, “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Maluku,” vol. 5, no. 2, 2018.
[6] F. K. Genta and D. Nababan, “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), Kapasitas Kerja Koperasi dan Jumlah Kredit Terhadap Kinerja Keuangan Koperasi,” vol. 1, no. 2, 2019.
[7] Y. M. Diah, L. D. Siregar, and N. D. M. Saputri, “Strategi Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dalam Tatanan Normal Baru bagi Pelaku UMKM di Kota Palembang,” Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., vol. 2, no. 1, pp. 67–76, 2021, doi: 10.29259/jscs.v2i1.32.
[8] S. I. Farida, D. Prasetiyani, A. R. Safiih, D. Prasada, and B. Ismanto, “Pelatihan SDM: Usaha Konvensional menjadi Usaha Digital,” Abdi Masy. Humanis, vol. 1, no. 2, pp. 127–135, 2020.
[9] R. Sari, M. H. Sayadi, and S. K. Hildayanti, “Pelatihan dalam Menghadapi Tantangan Usaha Kecil di Era Digital pada Pelaku Usaha Kecil di Kenten Palembang,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 2, pp. 87–92, 2020.
[10] G. Arnawa, “Manajemen Koperasi Menuju Kewirausahaan Koperasi,” Widya Amerta J. Manaj. Fak. Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2014.
Published
2023-04-12
How to Cite
[1]
S. Rusiyati, H. Mulyadi, I. Elyana, B. Givan, A. Hidayah, and S. Fauzi, “PELATIHAN PENGELOLAAN SDM DI ERA DIGITAL PADA KOPERASI SERBA USAHA KOMUNITAS WARGA BOJONG GEDE (KSU KOWAGE)”, abdimas, vol. 5, no. 1, pp. 8 - 14, Apr. 2023.
Article Metrics

Abstract viewed = 394 times
PDF downloaded = 302 times