IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KELURAHAN RAGUNAN

  • Fattya Ariani (1*) Universitas Nusa Mandiri
  • Sumarna Sumarna (2) Universitas Nusa Mandiri
  • Hafis Nurdin (3) Universitas Nusa Mandiri
  • Riki Supriadi (4) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Data penduduk, Dasawisma PKK, website.

Abstract

Pengurus Dasawisma Kelurahan Ragunan merupakan bagian dari Gerakan PKK kelurahan ragunan berlamat di kantor kelurahan Ragunan di Jl. Saco No.33, RT.1/RW.4, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan. Pelayanan Administrasi sangat diperlukan oleh dasawisma PKK sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan berbagai bentuk dokumen yang  diperlukan oleh publik, begitu juga dengan pelayanan administrasi kelurahan Ragunan saat ini masih menggunakan Ms. Excel untuk mengolah data kependudukannya dan penggunaannya pun hanya sebagai alat pencatatan saja, sehingga sering menimbulkan berbagai masalah, diantaranya redudansi data, ketidak sesuaian data pada KTP dan Kartu Keluarga serta masalah lainnya. karena berbagai permasalahan ini, data kependudukan yang dimiliki menjadi tidak  akurat. Saat diperlukan harus dilakukan proses pengecekan dan validasi ulang. Hal ini tentu membutuhkan waktu yang lama setiap kali  informasi dibutuhkan. Tidak adanya sebuah sistem didalam  pengurusan surat pada data kependudukan hal  ini menjadikan satu kendala dalam proses  administrasi pencatatan sipil. NIK dapat dijadikan identitas unik setiap  penduduk dalam pengelolaan data kependudukan agar tidak terjadi redudansi dan  mempermudah dalam proses pencarian serta perubahan data. Penggunaan sistem pendataan berbasis website dalam mengelola data administrasi  dapat digunakan untuk memudahkan dalam sistem penginputan serta menyimpan data kedalam database yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun sehingga lebih efisien dan efektif. Dengan akses yang mudah dan cepat hal ini bisa dimanfaatkan oleh setiap pengurus dasawisma kelurahan ragunan dalam pengurus berkas yang akan diolah. Kegiatan difokuskan pada cara penggunaan website  yang telah disediakan.

References

E. Kurniyadi and A. Sujarwadi, “Membangun Website Sebagai Media Reservasi Object Wisata Menggunakan Metode Aprori,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, p. 8, 2018, doi: 10.36595/misi.v1i2.35.

R. E. Putri and R. Rosmita, “Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Sosial Berbasis Dasa Wisma Terhadap Ketahanan Keluarga Di Kelurahan Sialang Munggu Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru,” J. Ris. Mhs. Dakwah dan Komun., vol. 3, no. 1, p. 17, 2021, doi: 10.24014/jrmdk.v3i1.12427.

K. Banyuwangi, L. D. Susanti, D. T. Indrianti, and M. I. Hilmi, “DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Digital Literacy : Empowering Women in the Dasa Wisma Group in Banyuwangi,” vol. 2, no. September, pp. 115–126, 2022.

A. A. Musaddad, M. Niswah, K. Prasetyo, and S. Hardjati, “Implementasi Manajemen Kearsipan Di Sektor Publik,” J. Governansi, vol. 6, no. 2, pp. 133–143, 2020, doi: 10.30997/jgs.v6i2.2843.

Tim Penggerak PKK, “Orientasi Kader Dasawisma,” 2020.

P. Setiani, I. Junaedi, A. Z. Sianipar, and V. Yasin, “Perancangan sistem informasi pelayanan penduduk berbasis website di rw 010 Kelurahan Keagungan Kecamatan Tamansari - Jakarta Barat,” J. Manajamen Inform. Jayakarta, vol. 1, no. 1, p. 20, 2021, doi: 10.52362/jmijayakarta.v1i1.414.

M. Wati and E. Despahari, “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Kelurahan Di Kecamatan Marangkayu Kutai Kartanegara,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, p. 47, 2018, doi: 10.30872/jurti.v2i1.1379.

F. Haswan, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Kelurahan Sungai Jering Berbasis Web Dengan Object Oriented Programming,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 2, pp. 92–100, 2018, doi: 10.36378/jtos.v1i2.23.

B. Lian, “Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat,” pp. 100–106, 2019.

H. Jamal, “Pendekatan Technical Assistance Dalam Pendistribusian Dana Zakat Produktif,” J. Masy. Madani, vol. 8, no. 1, pp. 21–42, 2023.

Published
2023-04-30
How to Cite
[1]
F. Ariani, S. Sumarna, H. Nurdin, and R. Supriadi, “IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KELURAHAN RAGUNAN”, abdimas, vol. 5, no. 1, pp. 42 - 47, Apr. 2023.
Article Metrics

Abstract viewed = 208 times
PDF downloaded = 151 times