PEMBERDAYAAN DAN PENDAMPINGAN E-COMMERCE UMKM DESA KRIYAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.33480/abdimas.v5i2.4649Keywords:
digital marketing, e-commerce, kriyan village, MSMEsAbstract
Micro, small and medium enterprises (MSMEs) have an important role in the Indonesian economy. Indonesia's increasing economic growth cannot be separated from the role of MSMEs. In particular, the contribution of MSMEs to Gross Domestic Product (GDP). Of course, e-commerce can also be an access for MSMEs to enter international markets. As technology develops, it becomes easier to do this, so this opens up opportunities for MSMEs to be able to optimize company operations and e-commerce. To make this happen, of course, cooperation from various parties is needed, from the government, e-commerce practitioners, academics, economic actors, and of course community support. It is hoped that e-commerce will be able to encourage the progress of MSMEs in Indonesia and especially in Kriyan Village in order to increase Indonesia's economic growth. The community service method is carried out through socialization, lectures and discussions, mentoring/practice and evaluation so that targets and goals are achieved according to targets. The result of this service activity is that the MSMEs are very enthusiastic about participating in online marketing training. Kriyan Village MSMEs have used social media as a marketing medium with a composition of 90% Instagram, 25% Tiktok and 50% Facebook, or it could be said that 85% of the skills of Kriyan Village MSMEs have increased so that they are able to operate digital marketing in promotional media. MSMEs not only know this, but they can also identify social media models that can be used as marketing material.
References
H. Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Limanseto, “UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia,” 2021. .
T. Hariono, H. Ashoumi, H. Q. Tabiin, and ..., “PKM Pembuatan E-Commerce Desa Banjarsari,” Jumat Inform. …, vol. 2, no. 2, pp. 2–6, 2021.
D. H. dkk Romindo, Muttaqin, E-commerce Implementasi, Strategi dan Inovasinya. yayasan kita menulis, 2019.
K. Nurjaman, “Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia,” J. Abdimas Perad., vol. 3, no. 1, pp. 34–40, 2022.
Pusdiklat Keuangan Umum, “E-Commerce untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia,” 2019. .
F. M. Fossen and A. Sorgner, “Digitalization of work and entry into entrepreneurship,” J. Bus. Res., vol. 125, no. December 2018, pp. 548–563, 2021.
Pratiwi Nila Sari, “Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan,” Fik Uas, vol. 19, no. 1, pp. 11–19, 2023.
S. Lianardo, K. D. Sartika, Y. R. Prasetyawati, and R. A. Cahyadi, “Pendampingan Digital Marketing Untuk Pemberdayaan UMKM,” J. Servite, vol. 2, no. 2, p. 104, 2022.
P. R. Silalahi, I. H. Wahyudi, M. Taufiq, N. Annisa, and Z. Rahman, “Peran E-Commerce dalam Menopang Keberhasilan UMKM di Indonesia”, JMS, vol. 7, no. 4, Dec. 2022.
P. L. T. Irawan, Kestrilia Rega Prilianti, and Melany, “Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas,” J. SOLMA, vol. 9, no. 1, pp. 33–44, Apr. 2020.
D. Purwaningtias, E-Business Konsep Dasar E-Business di Era Digital, Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.
S. Nugraha and D. Nuraeni, “Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce,” J. Civ. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 181–191, 2021.
D. Hendarsyah, “Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan,” IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 9, no. 1, pp. 25–43, Jun. 2020.
S. Rahayu, P. G. Diatmika, and I. Fitriani, “Pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan e-commerce dalam meningkatkan strategi pemasaran umkm di kabupaten sumbawa,” J. Pengemb. …, no. 2003, pp. 226–230, 2021.
T. P. Robustin, F. Fauziyah, and ..., “Pelatihan Pemasaran Online (Online Marketing) pada Usaha Kerajinan Qusna Akar Trendy Craft,” Prog. …, vol. 5, no. 2, pp. 166–170, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.