Perubahan Motif Wisata Religi Kalangan Generasi Z di Makam Nyai Hamdanah Kudus

Penulis

  • Maghfirotunnisa Maghfirotunnisa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Fania Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i1.6615

Kata Kunci:

Perubahan Motif Wisata Religi, Generasi Z, Makam Nyai Hamdanah Kudus

Abstrak

Makam Nyai Hamdanah Kudus merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di media sosial karena dipercaya sebagai wasilah mendapatkan jodoh yang sholeh-sholehah. Konten viral mengenai keberkahan makam tersebut menarik banyak peziarah khususnya generasi Z untuk datang berziarah. Jika sebelumnya ziarah lebih berfokus pada aspek spiritual dan mengingat kematian, kini generasi Z melakukannya dengan berbagai tujuan, misalnya: mencari keberkahan jodoh, mengikuti tren media sosial, atau sekadar membuat konten. Hal ini menunjukkan adanya perubahan motif ziarah di kalangan generasi Z, khususnya di Makam Nyai Hamdanah Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perubahan motif ziarah di kalangan generasi Z pada Makam Nyai Hamdanah Kudus serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan motif ziarah di makam tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya, serta menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ziarah di Makam Nyai Hamdanah mengalami perubahan motif di kalangan generasi Z. Awalnya, ziarah dilakukan untuk tujuan religius seperti tawasul dan tabarukan. Namun, di kalangan generasi Z, motif tersebut telah berkembang menjadi lebih beragam termasuk meminta wasilah jodoh, mencari ketenangan batin, hingga mengikuti tren di media sosial yang didorong karena FOMO. Perubahan motif tersebut dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu: sosial, religiusitas, dan psikologis. Fenomena ini menunjukkan bahwa motif ziarah kini tidak hanya bersifat spiritual, tetapi juga terkait dengan pengaruh sosial dan psikologis yang berkembang di masyarakat

Biografi Penulis

Fania, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Dosen UIN Walisongo Semarang

Referensi

Dwi Yulian P., & Junita Devi (2024). Realitas Keterlibatan Gen Z dalam Media Sosial Tiktok Perspektif Sosiokultural. Intercode Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.36269/ire.v4i1.2746

Faradisa, W. R. (2024). Pilgrims’ Perceptions of the Wasilah for Soulmates at Nyai Hamdanah’s Tomb in the Perspective of Islamic Aqidah. Proceeding of Postgraduate International Conference on Islamic Studies, 03(01), 289–302.

Hakim, L. (2022). Pariwisata Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Hikmah, Lutfiatul. (2022). Tradisi Ziaroh Kubur dalam Meningkatkan Spiritual Santri di Pondok Pesantren al-Manshur Popongan Klaten. In UIN Raden Mas Said Surakarta.

Latifah, Eni. (2023). Tradisi Ziarah dalam Masyarakat Jawa Perspektif Filsafat Nilai Max Scheler. An-Nur: Jurnal Studi Islam, 15 (1).

Muhajirina, D., Mukhlis, Annisa Latifah Salsabila, Luthfiah Khumaira, Khovifah Khairani, Adinda Dwi Fitria, Hifza Haridani, Anggina Cucu Khetri Sianturi, Nurul Rahmawati, Rizq Arya Satyo, Rahmi Indah Syahrina, Rosi Ani Riski Lubis, & Hubban Fathani Manik. (2024). Identifikasi Generasi Milenial Golongan Z di Desa Tuntungan Kecamatan Pancur Batu. PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2). https://doi.org/10.61721/pendis.v2i2.35

Muttholib, A., Estu, N., & Muchtar, P. (2023). Peran Nyai Hamdanah dalam Sejarah Islam di Nusantara. Journal of Early Childhood Islamic Education, 10, 185–193.

Pimay, A., & Savitri, F. M. (2021). Dinamika Dakwah Islam di Era Modern. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(1), 43–55. https://doi.org/10.21580/jid.v41.1.7847

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori, Metode, dan Praktek. Kediri: IAIN Kediri Press.

Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812

Stillman, D., & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, D., Musyafak, N., Raharjo, R., Anasom, A., Niswah, U., & Hakim, L. (2023). Da’wah tourism: Formulation of collaborative governance perspective development. Jurnal Ilmu Dakwah, 43(1), 249–267. https://doi.org/10.21580/jid.v43.1.13214

Ulum, A. (2022). Sekilas Tentang Nyai Hamdanah. Ulama Nusantara Center. https://ulamanusantaracenter.com/?p=3276

Wijoyo, H. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Banyumas: CV. Pena Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Maghfirotunnisa, M., & Savitri, F. M. (2025). Perubahan Motif Wisata Religi Kalangan Generasi Z di Makam Nyai Hamdanah Kudus. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i1.6615

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama