EFIKASI DIRI SEBAGAI MEDIASI DALAM HUBUNGAN LINGKUNGAN KAMPUS DAN MANAJEMEN WAKTU PADA PRESTASI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i1.6666Kata Kunci:
Prestasi Mahasiswa, Lingkungan Kampus, Manajemen Waktu, Efikasi Diri,, SmartPLSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kampus dan manajemen waktu terhadap prestasi mahasiswa dengan efikasi diri sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yang diolah melalui SmartPLS 4.0. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kampus dan manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa. Selain itu, efikasi diri juga terbukti berpengaruh signifikan dan mampu memediasi hubungan antara lingkungan kampus dan manajemen waktu terhadap prestasi mahasiswa. Temuan ini menekankan pentingnya peran lingkungan belajar yang mendukung dan keterampilan manajemen waktu dalam meningkatkan keyakinan diri serta prestasi akademik mahasiswa.
Referensi
Antúnez, A., et al. (2024). The influence of belonging and social support on academic performance: A longitudinal study among university students. 9. https://doi.org/https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/feduc.2024.1469865/full
Bargmann, C., & Kauffeld, S. (2023). The interplay of time management and academic self-efficacy and their influence on pre-service teachers’ commitment in the first year in higher education. Higher Education, 86(6), 1507–1525. https://doi.org/10.1007/s10734-022-00983-w
Curahman. (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntasi Di Kabupaten Subang. Prisma, 01(4), 99–111. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/660/224
Fitriana, D., & Ramadhan, M. R. (2023). Manajemen waktu sebagai prediktor prestasi mahasiswa manajemen di perguruan tinggi swasta. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 25(1), 12–25.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Sage Publications.
Li, Y., Zhang, X., & Wang, L. (2023). The relationship between social support and academic engagement among university students: The chain mediating effects of life satisfaction and academic motivation. BMC Public Health, 23, 2368. https://doi.org/10.1186/s12889-023-17301-3
Luthfia, H. U., & Mustofa, T. A. (2024). Upaya meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik melalui manajemen kesiswaan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1609–1618.https://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/622/395/
Koyuncuoglu, D. (2023). The mediating role of general self-efficacy in the relationship between metacognition and academic success of university students. International Journal of Modern Education Studies, 7(1), 0–2. https://doi.org/10.51383/ijonmes.2023.302
Munira, R., Fonna, T., Nadia, S., & Marsitah, I. (2024). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa di Universitas Almuslim . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.770
Pham, T. A. H. (2021). The effect of classroom climate on student academic motivation mediated by academic self-efficacy at Hanoi Law University. Scientific Journal of Tan Trao University, 7(20). https://doi.org/10.51453/2354-1431/2021/488
Pramono, I. Y., Nurjanah, S., & Nikensari, S. I. (2023). The effect of time management, self-efficacy, and study motivation on academic procrastination in the completion of study process students of the economics education study program, Faculty of Economics, State University of Jakarta. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 3(4), 101–115. https://doi.org/10.53067/ijomral.v3i4.242
Rawi, R. D. P., Bintari, W. C., Wijiastuti, R. D., Nurahmawati, D., Abdi, M. N., Lindiani, T., & Hidayah, N. (2022). Prestasi Akademik Mahasiswa. CV. Eureka Media Aksara.
Samavi, S. A. (2022). Relationship between time management behaviors and self-efficacy with academic performance in e-learning environment. Iranian Journal of Educational Research, 1(1), 59–66. https://doi.org/10.52547/ijer.1.1.59
Waddington, J. (2023). Self-efficacy. ELT Journal. Advance online publication. https://doi.org/10.1093/elt/ccac046
Wang, T., & Syafiq, M. (2023). Empowering university students: The impact of a time management workshop on academic self-efficacy. KMAN Counseling & Psychology Nexus, 1(2), 111–118. https://doi.org/10.61838/kman.psynexus.1.2.18
Wibowo, A., & Santosa, P. W. (2021). Pengaruh literasi digital dan efikasi diri terhadap kinerja UMKM di era digital. Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 80–92.
Yulianda, R., & Pratiwi, R. (2022). Strategi digital marketing dalam meningkatkan kunjungan wisatawan pada destinasi ekowisata. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 16(1), 45–55.
Zhao, Z., Ren, P., & Yang, Q. (2024). Student Self-Management, Academic Achievement: Exploring the Mediating Role of Self-Efficacy and the Moderating Influence of Gender—Insights From a Survey Conducted in 3 Universities in America. Journal of Integrated Social Sciences and Humanities, 1–12. https://doi.org/10.62836/jissh.v1i1.159
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Almas Farah Dinna Dewi, Moch Arfan Nur Kholidy, Ema Desia Prajitiasari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.