Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Influencer Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sego Sambel Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i1.6690Kata Kunci:
kualitas produk, kualitas pelayanan, influencer marketing, kepuasan pelangganAbstrak
Dunia kuliner di Indonesia saat ini telah bertumbuh kembang secara signifikan dan meluas di tiap-tiap daerah. Permintaan kuliner yang meningkat berdampak pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan influencer marketing terhadap kepuasan pelanggan Sego Sambel Merdeka di Mojokerto yang dimana untuk meningkatkan penjualan, pangsa pasar, serta keunggulan kompetitif. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan pengambilan kuesioner responden dengan menggunakan convenience sampling sebanyak 50 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas dan realibilitas yang telah diolah valid dan andal. Uji asumsi klasik pada penelitian ini menunjukkan distribusi normal dan tidak terjadi gejala multikolinearitas dan heterokedastisitas. Uji determinasi mengungkapkan bahwa 41,2% variabilitas kepuasan pelanggan dipengaruhi kualitas produk, kualitas pelayanan, dan influencer marketing, dengan persamaan regresi Y = -1,689 + 0,336X1 + 0,190X2 + 0,771X3 + e yang memperlihatkan pengaruh positif. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini bahwa kualitas produk dan influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Referensi
Ariska, V. D., Maduwinarti, A., & Nasution, U. C. M. (2022). Pengaruh Cita Rasa,Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Prima Bakery di Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(1), 311–315.
Baity, A. F. N., Indarwati, A., Purbaningrum, E. J., & Rahadhini, M. D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pedagang Kaki Lima di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 88–106. https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i3.3874
Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226-233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531
Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=acpLEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=uji+reliabilitas&ots=IZm3TQipV4&sig=XsJQ3SZSZLr9qw5789Oqi6JkuII&redir_esc=y#v=onepage&q=uji%20reliabilitas&f=false
Emerson, R. W. (2021). Convenience Sampling Revisited: Embracing Its Limitations Through Thoughtful Study Design. Journal of Visual Impairment & Blindness, 115(1), 76–77. https://doi.org/10.1177/0145482X20987707
Ferdiansyah, R., Rahman, A. L., Fauzi, S., Dewi, V., Fathoni, V. R., & Wiharso, G. (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.33480/jasdim.v3i1.5019
Ghozali, I. (2022). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE DENGAN PROGRAM IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Harahap, I. H. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada RSCH Clothing Medan [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/18790/2/188320345%20-%20Ilham%20Hasbullah%20Harahap%20-%20Fulltext.pdf
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2024). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 11(2), 111–122. https://doi.org/10.52103/jtk.v11i2.174
Prasetyo, A. Y. (2025, February 1). Kuliner dan Peluang Bisnis Cuan di Tahun Ular Kayu 2025. Kompas. https://www.kompas.id/artikel/kuliner-dan-peluang-bisnis-cuan-di-tahun-ular-kayu-2025
Purnomo, Y. J. (2023). Digital Marketing Strategy to Increase Sales Conversion on E-commerce Platforms. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(2), 54–62. https://doi.org/10.61100/adman.v1i2.23
Qastalano, R. I., & Nugroho, R. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Content Marketing terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Akuntansi Pajak Dan Manajemen, 7(2), 93–103. https://doi.org/10.37601/tajam.v7i2.298
Raharjo, V. S., Sukoco, I., Barkah, C. S., & Novel, N. J. A. (2023). Penerapan Strategi Influencer Marketing melalui Media Sosial. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 86–99.
Satiawan, A., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Custumer Review Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Di Tiktok. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.238
Septo, S., Wulandari, L. A., Tiwo, C. Y., Yanti, E., Karliani, E., & Tryani, T. (2021). EKSPLORASI KEKAYAAN KULINER MASYARAKAT SUKU DAYAK NGAJU DI DESA MANDOMAI KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 386–396. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1729
Sholihah, S. M., & Aditiya, N. Y. (2023). KONSEP UJI ASUMSI KLASIK PADA REGRESI LINIER BERGANDA. JURNAL RISET AKUNTANSI SOEDIRMAN (JRAS) , 2(2), 102–110.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.; 3rd ed., Vol. 4). Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rezha Isyraqi Qastalano, Rizky Adhitya Nugroho, Muhammad Bahanan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.