ANALISIS GAYA BAHASA IKLAN PADA SUPERMARKET EDISI RAMADHAN 2025 DI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i1.6743Kata Kunci:
advertisement, language style, ramadhanAbstrak
Pemanfaatan bahasa secara kreatif dan menarik untuk menonjolkan keunikan suatu produk dalam iklan dikenal sebagai penggunaan gaya bahasa dalam iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripisikan gaya bahasa yang digunakan pada iklan supermarket edisi Ramadhan 2025 di Instagram. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diteliti berupa kalimat yang terdapat pada iklan supermarket yang dipublikasikan di Instagram selama Ramadhan 2025 (1 Maret - 21 Maret 2025). Analisis data menggunakan teori gaya bahasa yang mengklasifikasikan 4 gaya bahasa diantaranya gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya Bahasa pertautan dan gaya Bahasa perulangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya Bahasa iklan supermarket edisi Ramadhan 2025 di Instagram paling banyak menggunakan gaya bahasa pertentangan, yang kedua adalah gaya bahasa perbandingan, yang ketiga adalah perulangan dan yang keempat adalah pertautan. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa penggunaan gaya bahasa dalam iklan memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tarik visual dan verbal dari suatu pesan promosi.
Referensi
Arisdayanti, C. (2021). Analisis Gaya Bahasa pada Iklan Layanan Masyarakat Di Instagram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 39–45. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i2.1172
Ariyadi, A. D., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Teks Berita Daring berjudul Mencari Etika Elite Politik di saat Covid-19. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(3), 138. https://doi.org/10.24036/jbs.v8i3.110903
Artajaya, G. S. (2021). Analisis Gaya Bahasa dalam Antologi Cerpen Daerah Baru Karya Gde Aryantha Soethama. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 9(2), 206–225.
Asriyani, W., Wahidah, A. D., & Solihatun, F. (2022). Penggunaan Bahasa Iklan untuk Meningkatkan Penjualan Produk pada Media Sosial Instagram. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4).
Dwi Handayani, I. P., Kusumaningsih, D., Sukarno, S., & Dhanabhrata, P. (2023). KREATIVITAS BERBAHASA MELALUI EKSPLORASI GAYA BAHASA IKLAN PROMOSI SKINCARE DI MEDIA TIKTOK. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 258. https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i3.50476
Firly Nurdina, Tadjudin Nur, & Arju Susanto. (2024). Analisis Gaya Bahasa Iklan Minuman dan Makanan Edisi Ramadan 2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3074–3084. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4083
Hesti, S., Thasimmim, S. N., & Rimayanti, W. (2021). Efektivitas Iklan Traveloka Televisi Konvensional Pada Konsumen di Era Digital. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(1), 57–65. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4417
Hutahaean, J. (2024). Strategi komunikasi public relation SampaiJauh.com dalam campaign “1000 Sepatu Alas Tempuh.” Medialogia: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1).
Istijarno, A. A. (2021). Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Merek Dompet Digital Dana. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(1), 80. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i1.12396
Kasali, R. (2017). Disruption: Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Perubahan. Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, E. P., & Irwansyah, I. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Media Sosial Melalui Iklan Instagram. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 294–307. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.247
Nurhafizhah, S., Irawan, D., Kurmalasari, T., Wahyusari, A., Malik, A., & Z. (2024). Analisis gaya bahasa produk kecantikan di TikTok Oktober 2023. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 67–79.
Priana, A., & Putri, K. Y. S. (2021). EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI UNILEVER INDONESIA MENGENAI COVID-19. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 4(01), 44–60. https://doi.org/10.32534/jike.v4i01.1044
Putra, F. D., & Hajar, M. F. (2023). Segmenting, Targeting, Differentiation, dan Positioning pada Digital Campaign Instagram @sebarkankebersihan. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 311–320. https://doi.org/10.54082/jupin.160
Rahmawati, Rapi, M., & Asnidar, A. (2022). Analisis Gaya Bahasa Online Shop di Media Sosial Instagram. Jurnal Konsepsi, 11(1), 29–35.
Rhamadany, Y., Lanta, J., & Aswadi, A. (2023). Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Online di Media Sosial. Cakrawala Indonesia, 8(1), 87–91. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.961
Setyawati, N. (2018). Struktur kebahasaan teks iklan layanan masyarakat. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI).
Tarigan, H. G. (2021). Prinsip-prinsip Dasar Bahasa Retorika. Angkasa.
Widjanarko, K. I., & Yuliyanto, A. (2022). Gaya Bahasa dan Teknik Persuasi pada Iklan Instagram Toko Kosmetik Daring Sociolla. BAPALA.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Najihatul Fitri, Rahmat Teguh Haryadi, Nisa Aisyah, Dede Mahendra, Deswita Deswita, Reysa Anggraini Yuzdika, Wulan Tias Yunindra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.