Pengaruh Content Marketing pada Instagram terhadap Customer Engagement dan Brand Awareness Miniso Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i2.7397Kata Kunci:
instagram, kesadaran merek, keterlibatan konsumen, miniso indonesia, pemasaran kontenAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat interaksi audiens terhadap konten Instagram @minisoindo, meskipun akun tersebut memiliki jumlah pengikut yang tinggi. Hal ini menunjukkan adanya tantangan dalam memanfaatkan media sosial secara optimal untuk meningkatkan customer engagement dan membangun brand awareness. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh content marketing terhadap customer engagement dan brand awareness, serta mengidentifikasi elemen strategi konten yang paling efektif dalam mendukung kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Data dikumpulkan melalui survei online terhadap 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @minisoindo dengan teknik non-probability sampling menggunakan pendekatan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement maupun brand awareness. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa konten yang mudah dipahami, mudah ditemukan, dan akurat merupakan elemen strategi yang paling efektif dalam membangun interaksi audiens dan memperkuat kesadaran merek. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti efektivitas content marketing pada platform lain seperti TikTok, YouTube, atau X dengan menggunakan metode campuran agar hasil yang diperoleh lebih mendalam.
Referensi
Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.726
Cahyani, A. P. P., Hakam, F., & Nurbaya, F. (2020). EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) DENGAN METODE HOT-FIT DI PUSKESMAS GATAK. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 3(2). https://doi.org/10.32585/jmiak.v3i2.1003
Cahyaningtyas, R., & Indra Wijaksana, T. (2021). THE INFLUENCE OF PRODUCT REVIEWS AND MARKETING CONTENT ON TIKTOK ON SCARLETT WHITENING BY FELICYA ANGELISTA PURCHASING DECISIONS. E-Proceeding of Management, 6488–6498. Retrieved from https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/170112/jurnal_eproc/pengaruh-review-produk-dan-konten-marketing-pada-tiktok-terhadap-keputusan-pembelian-scarlett-whitening-by-felicya-angelista.pdf
Fadel, A., Wasesa, A., Utami, A. F., & Nisa, F. L. (2024). Analisis Minat Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim Jurusan Ekonomi Pembangunan Semester 7 Tentang Perencanaan Setelah Lulus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(19), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.14038122
Fadhilah, & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh Content Marketing dan E-WoM pada Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. INOVASI, 17(3), 505–512.
Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi Content Marketing dalam Membangun Customer Engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46821/benchmark.v3i1.283
Febriani, N. S., Nugraha, C. N., Sutrisno, N. A. S., & Aulina, L. (2024). Pengaruh Strategi Content Marketing Terhadap Brand Awareness di Sosial Media Tiktok @rucas.official. SURPLUS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 3(1), 310–318.
Ghozali, I. (2016). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). New York: SAGE Publications.
Kemp, S. (2024, February 21). Digital 2024: Indonesia. Retrieved May 8, 2025, from Data Reportal website: https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Prasetiyo, S. M., Gustiawan, R., Farhat, & Albani, F. R. (2024). Analisis Pertumbuhan Pengguna Internet Di Indonesia. BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer Dan Multimedia, 2(1), 65–71.
Rachma, S. A., & Mustikasari, A. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement (Studi Kasus Pada Instagram CV Inspira Mulia Tahun 2022). E-Proceeding of Applied Science, 8(5), 499–509. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/182257/jurnal_eproc/pengaruh-content-marketing-instagram-terhadap-customer-engagement-studi-kasus-pada-instagram-cv-inspira-mulia-tahun-2022-.pdf
Slice. (2024, March 7). Berapa Engagement Rate yang Bagus di Instagram? Retrieved April 27, 2025, from Slice.id website: https://www.slice.id/blog/berapa-engagement-rate-yang-bagus-di-instagram
Subhaktiyasa, P. G. (2024). PLS-SEM for Multivariate Analysis: A Practical Guide to Educational Research using SmartPLS. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 4(3), 353–365. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline2861
Sugiyono, Prof. Dr. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (6th ed.). Bandung: Alfabeta.
Syah, R., Lina Auliana, & Rivani. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM @DEARMEBEAUTY (PT GARLAND CANTIK INDONESIA). JURNAL LENTERA BISNIS, 13(2), 1095–1105. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1132
Tarigan, M. A. E., Hariyana, N., Haryanto, A. E. P., & Fauzi, I. N. (2025). Pengaruh Content Marketing dan Customer Engagement Terhadap Brand Awareness Pada REDI. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5(1), 499–512.
Victor, Dr. S., & Imtiaz, Dr. M. (2024). Social Media and Content Marketing (1st ed., Vol. 310). Coimbatore: RK Publications.
Wei, Z., Hina, H. B., Jiao, D., Yudilestari, E. P., & Hamka, H. (2024). The Effectiveness of Content Marketing in Building Brand Awareness. Journal Markcount Finance, 2(2), 229–239. https://doi.org/10.70177/jmf.v2i2.1288
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Syakirah Humaira Fauzi, Fajar Sarasati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







