PERAN INFLUENCER MARKETING DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI E-COMMERCE SHOPEE PADA GENERASI Z DI KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i2.7475Kata Kunci:
Influencer Marketing, Testimoni, Keputusan Pembelian, Generasi ZAbstrak
Pertumbuhan industri kosmetik di era digital mendorong perusahaan untuk menggunakan strategi pemasaran inovatif, khususnya melalui influencer marketing dan testimoni konsumen. Fenomena ini sangat relevan bagi Generasi Z, kelompok konsumen terbesar di Indonesia, yang aktif berbelanja produk kecantikan melalui e-commerce seperti Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan testimoni terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Generasi Z di Kota Depok, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 1–5 dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta koefisien determinasi melalui bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing dan testimoni berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R² sebesar 0,784 menandakan bahwa 78,4% variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.
Referensi
Anggraini, F., & Ahmadi, M. A. (2024). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z : Literature Review. Journal of Management and Creative Business, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v3i1.3450
Chandradewi, P., & Saefudin, N. (2024). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Shopee di Universitas Widyatama). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), 5(6), 888–900. https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6
Chu, C. (2023). Impact of Influencer Marketing on Consumer Purchase Intention: Effect of Word of Mouth, Opinion Leadership. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 20(1), 282–288. https://doi.org/10.54254/2754-1169/20/20230207
Creswell, John. W., & Creswell, J. David. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Sixth). California: SAGE Publications, Inc. Retrieved from https://archive.org/details/researchdesignO000unse
Ghozali, I. (2021). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 26 (X). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., … Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.; H. Abadi, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Ilmu. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340021548
Muh Aman, A., Asa’d, N. A., Aulia, N., Amalia, R., Sahabuddin, R., & Azhari, A. (2025). Pengaruh Influencer Marketing Dan Testimoni Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Pada Generasi Z Di E-Commerce (Studi Pada Pengguna E-Commerce Di Kota Makassar). Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 2(3), 353–365. https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4516
Pahlevi, R. (2022). Ini Produk yang Paling Banyak Dibeli di E-Commerce.
Putri, D. A., Indayani, L., & Sukmono, R. A. (2024). The Effectiveness of Influencer Marketing, Content Marketing, and Electronic Word of Mouth (E-WoM) on Purchasing Decisions for Beauty Products on Shoope Live Streaming. International Journal of Economics Development Research, 5(3), 397–412.
Rainer, P. (2023, August 29). Sensus BPS: Saat ini Indonesia Didominasi Gen Z.
Sahabuddin, R., Azhari, A., Riska, Kamila, I. C., Maharani, R., & Dzikry, M. A. (2025). Pengaruh Digital Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Online di Kalangan Generasi Z. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 3580–3592. https://doi.org/10.62710/47dft040
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (1st ed.; T. Koryati, Ed.). Medan: KBM Indonesia. Retrieved from www.penerbitbukumurah.com
Santika, E. F. (2024, June 8). Kategori Barang yang Paling Banyak Dibeli Gen Z dan Milenial Indonesia (Maret 2023).
Siti Az zahra Br Batu Bara, Devi Trinita, Nurmala Hidayati, & Yenni Samri Juliati Nst. (2024). Pengaruh Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 3(1), 293–297. https://doi.org/10.55606/jumia.v3i1.3581
Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(1), 63–71.
Vildayanti, R. A., Sriyanto, A., & Hidayat, R. S. (2022). Peran Konten, Testimoni dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Kopi Lima Detik Kemang, di Jakarta). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 11(2), 168–183.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Keysha Aeletta Putri, Instianti Elyana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







