PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS WANITA DI KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.33480/jasdim.v4i2.7483Kata Kunci:
Citra Merek, Desain Produk, Keputusan Pembelian, Tas WanitaAbstrak
Perkembangan industri fashion berlangsung pesat seiring perubahan preferensi konsumen yang kini tidak hanya menuntut fungsi produk, tetapi juga keindahan desain serta kekuatan citra merek. Situasi tersebut menuntut para pelaku usaha untuk memahami bagaimana citra merek serta desain produk dalam memengaruhi proses konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Penelitian ini berkontribusi pada kajian di sektor fashion, khususnya produk tas, dengan menganalisis pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian tas wanita di Kota Depok. Tujuan pada penelitian ini untuk mengukur citra merek dan desain produk dalam mempengaruhi keputusan pembelian, di mana hasil analisis menunjukkan sekitar 59,5% pembelian suatu produk tas dipengaruhi oleh kedua variabel tersebut dengan kontribusi citra merek sebesar 3,496 dan desain produk sebesar 4,452. Temuan ini mengidikasikan bahwa desain produk merupakan faktor dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian tas wanita di kota Depok. Oleh karena itu, pelaku bisnis disarankan untuk memfokuskan strategi pada inovasi desain yang sesuai tren sekaligus memperkuat citra merek secara konsisten.
Referensi
Alifiyah, V. (2024). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Jims Honey di Sampit. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 548–554.
Aulia, U., Junaidi, H., Setiawan, D. I., PS, D. K., Meidatuzzahra, D., Nirmala, I. R., … Larasati, R. D. (2024). Statistik Parametrik (Teori dan Aplikasi Dengan SPSS) (H. Akbar, ed.). Bandung: Cv. Media Sains Indonesia. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/386020471_STATISTIK_PARAMETRIK_TEORI_DAN_APLIKASI_DENGAN_SPSS
Azhari, E., Saleh, L. M., & Marantika, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan MAN 1 Maluku Tengah. Journal Agregate, 2(2), 265.
Depok. (2024). Penduduk Usia 15 Tahun ke Atas yang Bekerja menurut Status Pekerjaan Utama dan Jenis Kelamin (Orang), 2024. Retrieved from Badan Pusat Statistik website: https://depokkota.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTc5IzE=/penduduk-usia-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-menurut--status-pekerjaan-utama-dan-jenis-kelamin--orang---2024-.html
Dewi, G. H. T., & Fitriani. (2021). Pengaruh Advertising, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Make Over (Studi Pada Mahasiswa FEB UM Metro). Jurnal Manajemen Diversivikasi, 1(3), 565. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v1i3.1032
Djordan, A. M., Yusnita, R. T., & Sutrisna, A. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz di Kota Tasikmalaya: Suatu Analisis Survei pada Konsumen Produk Mobil Honda Jazz. Digital Financial Accounting Management Economics Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.61434/dfame.v1i1.113
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. In B. Nasution (Ed.), PT Inovasi Pratama Internasional. Padang: PT. Inovasi Pratama Internasional.
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen Shopping Goods. Journal of Business and Banking, 10(1), 91–101. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261
Indartini, M., & Mutmainah. (2024). Analisis Data Kuantitaif Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Korelasi dan Regresi Linier Berganda (Vol. 14; H. Warnaningtyas, Ed.). Klaten: Penerbit Lakeisha.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 129.
Nuryanti, Fawazi, M. H., Basuki, H., & Wati, J. A. (2024). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Peyek Mak Nyus Jingglong Sutojayan Blitar). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 294–303. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1111 Volume
Pufa, R., Ramadhani, S., & Jannah, N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Online Pada Media Sosial dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(8), 993–994.
Sitorus, U. M., Asnawi, M., & Firah, A. (2024). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Map Aktif Adiperkasa Di Medan. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 241–242. https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4476
Statista.com. (2025). Handbags - Indonesia. Retrieved from https://www.statista.com/outlook/cmo/accessories/luggage-bags/handbags/indonesia
Sulistyawati, A. I., Santoso, A., & Rumapea, A. F. (2023). Kajian Empiris Kinerja Keuangan: Studi Pada Perusahaan Otomotif. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 562. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.29540
Widodo, Slamet, Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., … Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. In Cv Science Techno Direct. PANGKAL PINANG: CV Science Techno Direct.
Widodo, Sugeng, & Apriyansyah. (2021). Pengaruh Citra Merk dan Kesadaran Merk Terhadap Keputusan Pembelian Tas Merk Bodypack Pada PT Eigerindo Multi Produk Industri ( Studi Kasus di Showroom Mall Pejaten Vilage Jakarta Selatan ). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 225–235. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.8879
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Diajeng Wurikinasih, Instianti Elyana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.







