ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO YOEHAN WANAHERANG BOGOR

Dedi Suharyadi

Abstract Views : 562 Times | Views : 330 Times

Abstract


Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah bagaimana dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggannya agar citra perusahaan meningkat. Kualitas pelayanan yang baik akan menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan. Jika suatu perusahaan sudah mendapat nilai positif dimata konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan feedback yang baik sehingga bukan tidak mungkin akan menjadi pelanggan tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap  kepuasan pelanggan pada Toko Yoehan yang berlokasi di Desa Wanaherang. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dimana penulis menggunakan pertimbangan sendiri dengan cara sengaja dalam memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi yang diperlukan dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan yaitu pelanggan Toko Yoehan. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi.Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi sederhana menghasilkan persamaan regresi: Ŷ = 8,216 + 0,709X dimana Konstanta (a) = 8,216 menunjukkan nilai konstan, dimana jika variabel X = 0 maka kepuasan pelanggan Toko Yoehan (Ŷ) = 8,216. Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,050 maka dapat dikatakan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Penerapan variabel Kualitas Pelayanan (X) terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) memiliki koefisien korelasi (R Square) sebesar 0,402 atau 40,2 % dapat dikatakan bahwa perubahan kepuasan pelanggan dapat dijelaskan melalui kulaitas pelayanan sedangkan sisanya 59,8% dijelaskan varibel lainnya. Nilai R sebesar 0,634 atau 63,4 % berarti ada hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen.



View Counter: Abstract | 562 | times, Article PDF | PDF | 330 | times

Full Text:

PDF

References


Bari, Ahmad dan Budhi Satrio. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja Di Cak-Cuk Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12: 2-3

Bari, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja Di Cak-Cuk Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(3).

Ghozali, I, (2007), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Undip.

Irnandha, A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat (Studi Kasus Kepuasan Pelanggan Jne Cabang Hijrah Sagan Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(6), 660-669.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Parubak, B., Thoyib, A., & Suman, A. (2010). Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Kain Donggala Di Kotamadya Palu. Jurnal WACANA, 13(4).

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal 1 (2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj

Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, D. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Bekasi: AMIK BSI Bekasi

Wijayanti, A. (2008). Strategi meningkatkan loyalitas melalui kepuasan pelanggan (Studi kasus: Produk kartu seluler prabayar Mentari Indosat wilayah Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Wiratama, D. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Ashar Elektronik Kendal. mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/lengkap/13558

Yamit, Z.. (2010), Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta: Ekonosia.


Article Metrics

Abstract view : 562 times
PDF - 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.