Pelatihan Pembuatan Desain Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Aplikasi Adobe Illustrator Bagi Anak-Anak PKBM Yayasan Arrahman Parung Bogor

  • Ade Christian (1*) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Dwi Andini Putri (2) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Indah Suryani (3) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Ibnu Rusdi (4) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: PKBM Yayasan Ar Rahman, Adobe Illustrator, Desain Surat Lamaran Pekerjaan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan hal wajib yang dilakukan oleh dosen, karena mengusung tridharma perguruan tinggi. Pelaksanaan PKM kali ini melibatkan mitra dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Arrahman Parung Bogor. Masalah yang dihadapi oleh PKBM ini adalah tidak tersedianya lab untuk praktek komputer, sedangkan di era sekarang ini penggunaan komputer sudah menjadi bagian dari pekerjaan yang tidak terpisahkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka team PKM memberikan solusi yaitu memberikan pelatihan komputer dasar dengan memanfaatkan aplikasi Adobe Illustrator agar anak-anak di PKBM Yayasan Arrahman Parung Bogor mendapat pengalaman mengoprasikan komputer untuk teknik dasar pengoprasian. Untuk meningkatkan kualitasnya selain mengajarkan dasar-dasar penggunaan Adobe Illustrator, pada pelatihan ini juga memberikan pelatihan pembuatan surat lamaran kerja dengan memanfaatkan aplikasi ini. Selain pelatihan, peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat juga yang bisa dimanfaatkan sebagai surat pendamping ijazah. Berdasarkan pada pelatihan ini para peserta dapat meningkatkan kualitas ilmunya dibidang ICT khususnya pada pembuatan CV dengan menggunakan Adobe Illustrator. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini terbagi kedalam dua kategori yaitu penilaian terhadap peserta dan team pelaksana. Pada penilaian terhadap peserta, perolehan nilai rata-rata post-test sebesar 51% dengan nilai maksimal 10 dari range 0-10, kemudian perolehan nilai terhadap team pelaksana diperoleh nilai paling tinggi yaitu pada pemberian sarana dan prasarana sebesar 71%.

References

M. R. Seena, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Thailand,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016.

I. Wulandari, “Program Kejar Paket A Dalam Pemberantasan Buta Huruf Tahun 1974-1979,” Avatara e-Journal Pendidik. Sej., vol. 1, no. 2, pp. 215–220, 2013.

R. K. W. Dewojati, “Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan,” Imaji, vol. 7, no. 2, pp. 175–182, 2015.

J. I. S. Poerwanti and H. Mahfud, “Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Microsoft Power Point Pada Guru-Guru Sekolah Dasar,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 265–271, 2018.

M. A. Sormin, N. Sahara, and L. Agustina, “Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak (Microsoft Office Word, Excel, Power Point) Dalam Kinerja Pengolahan Data Di Pemerintahan Desa Bagikepala Desa Se-Kecamatan Batang Angkola,” Martabe J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 78–82, 2018.

H. I. Pratiwi, “Pelatihan Microsoft Office Untuk Karyawan Dan Kelompok PKK Kelurahan Sawah Baru Tangerang Selatan,” in SEMBADHA 2018 Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018, pp. 8–13.

A. Christian, D. A. Putri, I. Suryani, and I. Rusdi, “Laporan Penelitian Akhir: Pelatihan Pembuatan Desain Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Aplikasi Adobe Illustrator Bagi Anak-Anak Pkbm Yayasan Arrahman Parung Bogor,” Jakarta, 2019.

Published
2019-04-15
How to Cite
[1]
A. Christian, D. Putri, I. Suryani, and I. Rusdi, “Pelatihan Pembuatan Desain Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Aplikasi Adobe Illustrator Bagi Anak-Anak PKBM Yayasan Arrahman Parung Bogor”, abdimas, vol. 1, no. 1, pp. 19-24, Apr. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 375 times
PDF downloaded = 281 times