Pelatihan Microsoft Excel Dan Pemanfaatan Internet Dalam Meningkatkan Informasi Dan Layanan Administrasi Data Karyawan

  • Dede Nurrahman (1*) Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nurmalasari Nurmalasari (2) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Rizki Aulianita (3) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Khoirun Nisa (4) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Microsoft Office, Pelatihan, Karyawan

Abstract

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengatur bahwa setiap perguruan tinggi dan perguruan tinggi wajib melaksanakan kesepakatan tiga tingkat tentang pendidikan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu untuk membantu meningkatkan ilmu pengetahuan dibidang komputer berupa pelatihanan aplikasi Microsoft Excel dan pemanfaatan internet. Selain itu STMIK Nusa Mandiri Jakarta pun dalam melaksanakan kegiatan pengabdian juga melakukan komunikasi secara langsung guna peningkatan operasional dalam rangka upaya mempercepat pengembangan masyarakat kearah dinamika yang siap menghadapi perubahan-perubahan dengan nilai-nilai sosial yang ada. Dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan mitra PT. Bidar Putra Sukses yang mana kemampuan para karyawan dalam hal penggunaan internet dan pengelolaan data menggunakan Microsoft Office. Khususnya Microsoft Excel masih sangat minimal. Banyak dari karyawan tersebut yang belum memahami secara detail mengenai pengoperasian Microsoft Excel dan implementasinya. Pemasangan media internet di kantor mitra untuk memudahkan layanan informasi administratif karyawan tersebut. Memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang pembuatan aplikasi dan pengoperasian Microsoft Excel dan penggunaan internet dalam hal ini menggunakan email sebagai jembatan komunikasi karyawan

References

[1] B. Lian, “Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat,” in Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019, pp. 100–106.
[2] S. Wibawa, “Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat).” Yogyakarta, pp. 01–15, 2017.
[3] S. Ulber, “METODE PENELITIAN SOSIAL,” Bandung, 2006.
[4] L. Acklen, Absolute Beginner’s Guide to Microsoft Office. Jakarta: Que Publishing, 2015.
[5] D. P. Agustino, I. W. Jepriana, and I. P. F. E. Putra, “Pelatihan Microsoft Office dan Desain Grafis untuk Perangkat Desa,” WIDYABHAKTI J. Ilm. Pop., vol. 3, no. 1, pp. 38–48, Dec. 2017.
[6] R. Setiyani, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” Din. Pendidik. Unnes, vol. 8, no. 10, pp. 117–133, 2016.
[7] S. R. D. Setiawan, “Hampir 90 Persen Penggunaan Internet di Indonesia untuk ‘Chatting,’” Kompas, 2018. .
[8] R. Agustina and D. Suprianto, “Analisis Hasil Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Aljabar Logika Dengan User Acceptance Test (UAT),” SMATIKA J., vol. 8, no. 2, pp. 67–73, 2018.
Published
2019-10-05
How to Cite
[1]
D. Nurrahman, N. Nurmalasari, R. Aulianita, and K. Nisa, “Pelatihan Microsoft Excel Dan Pemanfaatan Internet Dalam Meningkatkan Informasi Dan Layanan Administrasi Data Karyawan”, abdimas, vol. 1, no. 2, pp. 37-43, Oct. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 271 times
PDF downloaded = 236 times