IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS STUDI KASUS PENJUALAN DI SUSHIGROOVE RESTAURANT

  • Fajar Agustini (1*) Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Karawang

  • (*) Corresponding Author
Keywords: FCM Algorithm, Clustering, Data Mining, Sushigroove

Abstract

Sushigroove merupakan restaurant yang menyajikan menu makanan khas jepang,pencatatan transaksi yang dilakukan pada sushigroove masih bersifat manual. Data transaksi yang terjadi setiap hari pada restaurant Sushigroove cukup banyak, hal ini menyebabkan tumpukan data yang seharusnya dapat diolah lebih lanjut agar menghasilkan informasi yang bermanfaat. Algoritma Fuzzy C-Means merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk pengolahan data. Penelitian ini membahas bagaimana mengimplementasikan algoritma Fuzzy C-Means pada penjualan produk makanan di restaurant Sushigroove. Dalam mengimplementasikan Algoritma Fuzzy C-Means pada Restaurant Sushigroove dirancang sistem aplikasi berbasis VB.Net yang dapat mengolah transaksi penjualan seperti jumlah terjual dan kode menu menggunakan metode Clustering Fuzzy C-Means. Data yang digunakan adalah data transaksi selama bulan Juli sampai dengan September 2016. Hasil proses data mining menunjukan bahwa pada bulan tersebut memiliki kemiripan menu potensial yang sama sementara menu lainnya bervariasi. Untuk hasil pengujian validitasi cluster kedua memiliki nilai lebih tinggi dari jumlah cluster yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dawson, C. W. (2009). Projects in Computing and Information Systems: A Student's Guide (2 ed.). Boston: Addison Wesley.

En, T. K., & Suryandi, F. A. (2012). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengendalian Intern Aktivitas Pembelian Bahan Baku Guna Mencapai Penyerahan Bahan Baku yang Tepat Waktu (Studi Kasus pada Perusahaan “X” Bandung). MAKSI, 2(6).

Megawati, N., Mukid, M. A., & Rahmawati, R. (2013). Segmentasi Pasar Pada Pusat Perbelanjaan Menggunakan Fuzzy C-Means (Studi Kasus: Rita Pasaraya Cilacap). Jurnal Gaussian, 2(4), 343-350.

Prasetyo, Eko. (2012). Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi Offset.

Ramadhana, C., Lulu, W., Dewi, Y., & Diah, K. W. (2013). Data Mining dengan Algoritma Fuzzy C-Means Clustering Dalam Kasus Penjualan di PT Sepatu Bata. Semantik 2013, 3(1), 54-60.

Alvian, W. K. (2014). Implementasi Data Mining dengan Algoritma Fuzzy C-Means Studi Kasus Penjualan di UD Subur Baru. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.
Published
2017-08-15
How to Cite
[1]
F. Agustini, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS STUDI KASUS PENJUALAN DI SUSHIGROOVE RESTAURANT”, jitk, vol. 3, no. 1, pp. 127-132, Aug. 2017.
Article Metrics

Abstract viewed = 149 times
PDF downloaded = 175 times