Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
The use of technology as a learning medium during the Covid-19 pandemic is an alternative solution to be able to continue to carry out long-distance learning activities. Existing technologies such as Google Meet, Google Classroom and Google Drive strongly support students and teachers and other academics in teaching and learning activities. The use of the facilities provided by Google can be useful for academics. Teaching and learning activities synchronously (synchronous) using video conferencing is an effective way. Not only that, asynchronous learning media using existing Google Classroom facilities such as discussion and chat features are one of the media to support distance learning to keep it running smoothly. The activity was carried out at Majlis Ta'lim Hidayatul Mubtadiin, which consisted of teenagers aged 12-17 years. Based on the questionnaires distributed during the activity, that as many as 96% were able to absorb the material with this distance learning media. So that learning can still be carried out effectively and conducively in the midst of the Covid-19 pandemic.
References
[2] B. E. Purnama, “Pemanfaatan Teknologi WAP Telepon Seluler Untuk Media Pembelajaran Jarak Jauh,” vol. 1, no. 3, pp. 22–28, 2009.
[3] S. A. Hapsari and H. Pamungkas, “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro,” WACANA J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 18, no. 2, pp. 225–233, 2019, doi: 10.32509/wacana.v18i2.924.
[4] Syaefulloh, “Implementasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Implementation of the Use of Google Classroom As a Support for,” pp. 36–40.
[5] R. Pakpahan and Y. Fitriani, “JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh),” vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.
[6] F. A. Wahyuni, “Blended Learning : Dua Metode ( Synchronous and Asynchronous ) Untuk Matakuliah Writing Materi Argumentative Essay,” Jinotep, vol. 3, no. 137, pp. 137–143, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p137.
[7] (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/kemendikbud-permanenkan-ketersediaan-platform-teknologi-belajar-bukan-metode-pembelajaran-jarak-jauh).diambil pada tanggal 21 September 2020
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.