Pembuatan Aplikasi E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Bagi Komunitas Mersi Fans Club
Abstract
Electronic Commerce (E-Commece) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan atau perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen, manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan pedagang perantara (intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Saat ini perkembanga e-commerce semakin pesat dikarenakan memudahkan bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi tanpa harus datang ke pasar atau mal, cukup di rumah atau dikantor saja apabila ingin bertansaksi jual beli. Model usaha seperti ini yang sekarang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena mreka tidak harus memiliki toko dan karyawan jika ingin berwirausaha. Permasalahan yang dihadapi komunitas Radio MeRsi FM 93,90 saat ini adalah kurangnya pengetahuan tentang berwirausaha tentang penjualan secara online (E-Commerce). Mereka tidak memahami bagaimana membuat aplikasi e-commerce sederhana dan instan untuk diterapkan dalam usaha yang akan mereka jalani. Hasil yang dicapai setelah peserta mengikuti kegiatan ini adalah mereka dapat mandiri membuat web e commerce untuk memasarkan produk mereka.
References
Pitriyani and Kasmi, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN,” Informasi, Jur. Sist., vol. 1, no. 09, pp. 425–433, 2019.
P. B. Widagdo, “Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia,” researchgate.net, pp. 1–10, Dec. 2016, Accessed: Oct. 06, 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/311650384.
B. Setiawan, “Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang,” J. Abdimas Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 106–110, 2018, doi: 10.36982/jam.v2i2.531.
W. Windihastuty, T. Fatimah, Windarto, and Martini, “Analisis Pelatihan Komputer Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Biro SDMKementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” jurnal.iaii.or.id/index.php/JAMTEKNO, vol. 1, no. 1, pp. 45–51, 2020.
L. Marlinda, H. Supendar, U. Radiyah, F. Handayanna, L. B. Doing, and K. T. Dan, “Implementasi Microsoft Word Untuk Mengolah Laporan Kegiatan Karang Taruna dan PKK Cipinang,” J. Abdimas UBJ, vol. 1, no. 1, pp. 61–69, 2019.
N. Maulidina, “Strategi Manajemen Komunikasi M Radio Dalam Merancang Program On Air dan Off Air Untuk Meningkatkan Jumlah Pendengar,” 2019, Accessed: Nov. 25, 2020. [Online]. Available: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7428.
H. Amalina, D. I.- PANTAREI, and undefined 2019, “Strategi Penyiar Program ‘Bandar Jakarta’ Pada Radio Mersi 93, 90 Fm Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Pendengar,” jom.fikom.budiluhur.ac.id, Accessed: Nov. 25, 2020. [Online]. Available: http://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/434.
Sahrul, F. Karimah, A. Muhazabah, A. D. Prasetyo, A. Yunita, and N. L. Zahra, “Pengembangan Aplikasi Permainan ‘Pilah Sampah’ Menggunakan Pemodelan Finite State Machine,” J. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 38–46, 2018.
A. Faruq, D. Nurrahman, and Asep, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT PADA PD . LAJUAR MOTOR,” vol. 1, no. 2, pp. 41–47, 2020.
H. Almai, “Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM (Studi Pada UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI Kota Serang),” 2020, Accessed: Nov. 25, 2020. [Online]. Available: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5639.
L. Suryati et al., “BAURAN PEMASARAN OLAHAN LIDAH BUAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA E-COMMERCE UKM I SUN VERA,” SOCA J. Sos. Ekon. Pertan., vol. 14, no. 1, pp. 132–145, 2020, doi: 10.24843/SOCA.2020.v14.i01.p11.
F. Fajrillah, S. Purba, S. Sirait, A. Sudarso, and S. Sugianto, SMART ENTREPRENEURSHIP: Peluang Bisnis Kreatif & Inovatif di Era Digital. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.