Pembuatan Aplikasi E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Bagi Komunitas Mersi Fans Club

  • Rani Irma Handayani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Nurmalasari Nurmalasari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Tuti Haryanti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Frieyadie Frieyadie Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Titin Kristiana Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
Keywords: E-Commerce, Pelatihan, Web E-Commerce

Abstract

Electronic Commerce (E-Commece) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan atau perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen, manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan pedagang perantara (intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Saat ini perkembanga e-commerce semakin pesat dikarenakan memudahkan bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi tanpa harus datang ke pasar atau mal, cukup di rumah atau dikantor saja apabila ingin bertansaksi jual beli. Model usaha seperti ini yang sekarang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena mreka tidak harus memiliki toko dan karyawan jika ingin berwirausaha. Permasalahan yang dihadapi komunitas Radio MeRsi FM 93,90 saat ini adalah kurangnya pengetahuan tentang berwirausaha tentang penjualan secara online (E-Commerce). Mereka tidak memahami bagaimana membuat aplikasi e-commerce sederhana dan instan untuk diterapkan dalam usaha yang akan mereka jalani. Hasil yang dicapai setelah peserta mengikuti kegiatan ini adalah mereka dapat mandiri membuat web e commerce untuk memasarkan produk mereka.

References

Pitriyani and Kasmi, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN,” Informasi, Jur. Sist., vol. 1, no. 09, pp. 425–433, 2019.

P. B. Widagdo, “Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia,” researchgate.net, pp. 1–10, Dec. 2016, Accessed: Oct. 06, 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/311650384.

B. Setiawan, “Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang,” J. Abdimas Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 106–110, 2018, doi: 10.36982/jam.v2i2.531.

W. Windihastuty, T. Fatimah, Windarto, and Martini, “Analisis Pelatihan Komputer Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Biro SDMKementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” jurnal.iaii.or.id/index.php/JAMTEKNO, vol. 1, no. 1, pp. 45–51, 2020.

L. Marlinda, H. Supendar, U. Radiyah, F. Handayanna, L. B. Doing, and K. T. Dan, “Implementasi Microsoft Word Untuk Mengolah Laporan Kegiatan Karang Taruna dan PKK Cipinang,” J. Abdimas UBJ, vol. 1, no. 1, pp. 61–69, 2019.

N. Maulidina, “Strategi Manajemen Komunikasi M Radio Dalam Merancang Program On Air dan Off Air Untuk Meningkatkan Jumlah Pendengar,” 2019, Accessed: Nov. 25, 2020. [Online]. Available: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7428.

H. Amalina, D. I.- PANTAREI, and undefined 2019, “Strategi Penyiar Program ‘Bandar Jakarta’ Pada Radio Mersi 93, 90 Fm Dalam Menjalin Komunikasi Dengan Pendengar,” jom.fikom.budiluhur.ac.id, Accessed: Nov. 25, 2020. [Online]. Available: http://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/434.

Sahrul, F. Karimah, A. Muhazabah, A. D. Prasetyo, A. Yunita, and N. L. Zahra, “Pengembangan Aplikasi Permainan ‘Pilah Sampah’ Menggunakan Pemodelan Finite State Machine,” J. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 38–46, 2018.

A. Faruq, D. Nurrahman, and Asep, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT PADA PD . LAJUAR MOTOR,” vol. 1, no. 2, pp. 41–47, 2020.

H. Almai, “Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM (Studi Pada UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI Kota Serang),” 2020, Accessed: Nov. 25, 2020. [Online]. Available: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5639.

L. Suryati et al., “BAURAN PEMASARAN OLAHAN LIDAH BUAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA E-COMMERCE UKM I SUN VERA,” SOCA J. Sos. Ekon. Pertan., vol. 14, no. 1, pp. 132–145, 2020, doi: 10.24843/SOCA.2020.v14.i01.p11.

F. Fajrillah, S. Purba, S. Sirait, A. Sudarso, and S. Sugianto, SMART ENTREPRENEURSHIP: Peluang Bisnis Kreatif & Inovatif di Era Digital. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Published
2020-04-02
How to Cite
[1]
R. Handayani, N. Nurmalasari, T. Haryanti, F. Frieyadie, and T. Kristiana, “Pembuatan Aplikasi E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Bagi Komunitas Mersi Fans Club”, abdimas, vol. 2, no. 1, pp. 19-24, Apr. 2020.