Pelatihan Perancangan Alat Berbasis Arduino Uno

  • Ahmad Fauzi (1*) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Andry Maulana (2) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Firmansyah Firmansyah (3) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Frengki Pernando (4) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Sujiliani Heristian (5) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Robotika, Arduino Uno, Yayasan MAI

Abstract

Kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan setiap perguruan tinggi adalah pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Salah satu kewajiban yang akan dilakukan oleh Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Nusa Mandiri adalah kegiatan pengabdian masyarakat. Hal ini dilaksanakan berkaitan juga dengan kepedulian setiap lembaga atau institusi yang bergerak di bidang pendidikan khususnya pendidikan tinggi dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang handal dan mampu mengikuti perkembangan era globalisasi untuk mengakses sumber-sumber informasi tersebut. Untuk itu, merespon akan kebutuhan sumber daya manusia yang berpotensi bagi negara yang kita cintai ini, akan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Perancangan Alat Berbasis Arduino Mendukung Kemandirian Santri Yatim dan Dhuafa Yayasan MAI. Dalam pelatihan perancangan alat ini peserta mendapatkan ilmu dasar yang digunakan yaitu ilmu komputer dan robotika, di mana alat yang dibuat menggunakan sebuah aplikasi yang mampu membuat script sebuah output dengan lebih cepat dan modern. Selain itu pelatihan perancangan alat ini dapat melatih kreatifitas peserta khususnya anak didik Yayasan MAI dalam membuat berbagai macam mengelolah alat-alat robotika berbasis Arduino uno. Alat-alat tersebut nantinya dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

References

N. S. R. Rais, M. M. J. Dien, and A. Y. Dien, “Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Pada Generalisasi Unsur Sosial Budaya Bagi Generasi Milenial,” J. Mozaik, vol. 10, no. 2, pp. 61–71, 2018.

Reza, “Praktisi SDM Perlu Antisipasi Perkembangan Teknologi Digital,” liputan6.com, Jakarta, p. Peristiwa, 2018.

R. Ananda and A. Amiruddin, Inovasi Pendidikan: Melejitkan potensi teknologi dan inovasi pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita, 2017.

Y. A. Tuwaidan, V. C. Poekoel, and D. J. Mamahit, “Rancang Bangun Alat Ukur Desibel (dB) Meter Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 37–43, 2015.

R. R. Rohmansyah and H. Nurwasito, “Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Sistem Keamanan Kantor Menggunakan NFC (Near Field Communication) dan Wi-Fi (Studi Kasus: PT. Rahmi Ida Nusantara),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 81–90, 2017.

D. L. Saraswati, N. N. Mulyaningsih, and I. Y. Okyranida, “Rancang Bangun Robot Soccer (Rocer) sebagai Media Robotik,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 71–75, 2018.

A. W. Firmansyah and E. Sulistiyo, “Pengembangan Trainer Mikrokontroller Berbasis Arduino Uno Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknik Mikroprosesor Di Kelas X TEI SMK Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan,” JurnalPendidikan Tek. Elektro, vol. 6, no. 2, pp. 155–160, 2017.

A. A. S. Negara, U. Najib, and J. P. Hapsari, “Pemanfaatan E-Ktp Untuk Pengaktifan Sepeda Motor Berbasis Arduino UNO,” Transistor EI J. Elektor dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 15–20, 2017.

A. Fauzi, A. Maulana, Firmansyah, F. Pernando, and S. Heristian, “Laporan Penelitian Akhir Mandiri: Pelatihan Perancangan Alat Berbasis Arduino Uno,” Jakarta, 2019.

Published
2019-04-15
How to Cite
[1]
A. Fauzi, A. Maulana, F. Firmansyah, F. Pernando, and S. Heristian, “Pelatihan Perancangan Alat Berbasis Arduino Uno”, abdimas, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, Apr. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 355 times
PDF downloaded = 314 times