Produktif Dari Rumah Dengan Memanfaatkan Media Online

  • Indah Purnamasari (1*) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Sri Rusiyati (2) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Ishak Kholil (3) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Abdul Rahman Kadafi (4) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Tuslaela Tuslaela (5) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Produktif, Media Online, Yayasan Ibnu Salam

Abstract

Kewajiban setiap Dosen sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang mengenai Tridharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Yayasan Ibnu Salam Depok yang beralamat di Bojong Lio RT 05 RW 028 No 21-22, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok yang anggotanya terdiri dari anak-anak yatim dan dhuafa dengan berbagai latar belakang. Dengan adanya upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) dengan cara melakukan physical distancing dan memberlakukan Work From Home (WFH) mempunyai dampak terhadap berbagai sektor seperti di bidang perekonomian, kalangan bisnis, perusahaan dan lain-lain yaitu menurunnya produksi dan kinerja keuangan mereka yang akhirnya dapat berujung pada terjadinya pemutusan hubungan kerja. Permasalahan yang sering dihadapi saat ini dengan dampak Pandemi Covid-19 tersebut menuntut semua pihak untuk lebih aktif dan produktif dengan tetap tinggal di rumah dalam belajar dan memenuhi kebutuhannya bagi anak-anak yatim dan dhuafa asuhan yayasan Ibnu Salam Depok sehingga dapat berperan serta misalnya dengan memanfaatkan media online untuk belajar maupun untuk mendapatkan pendapatan tambahan dan diharapkan dapat menerapkannya untuk masa sekarang maupun setelah pandemi Covid-19. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar kemudian dari hasil yang dicapai melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu peserta lebih paham dalam menggunakan media online di rumah sebagai kegiatan produktif untuk belajar dan memenuhi kebutuhannya. Peserta mampu menjelaskan dan memahami pentingnya penggunaan media online dengan cara yang positif, serta mampu menyampaikan ilmu yang diperoleh selama pelatihan kepada keluarga dan teman sekitar.

References

[1] S. Wibawa, “Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat),” 2017.
[2] A. N., W. D. Listihana, and N. Denan, “MENDELEY: UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DOSEN,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 1, p. 11, Apr. 2018, doi: 10.30734/j-abdipamas.v2i1.182.
[3] M. J. shiddiq Sunariya, “ANALISIS DAMPAK PENERAPAN PSBB (PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR) TERHADAP PASAR MODAL,” pa-martapuraokut.go.id, vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://www.pa-martapuraokut.go.id/images/ARTIKEL_Jakfar.pdf.
[4] B. W. Widagdo, M. Handayani, and D. A. Suharto, “DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE PENGUKURAN SKALA LIKERT (Studi Kasus di Kabupaten Tangerang Selatan),” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. 63, no. 2, pp. 63–70, 2020, [Online]. Available: http://jurnal-eresha.ac.id/index.php/esit/article/view/188.
[5] RI, “Pemberlakuan PSBB,” covid19.go.id, 2020. https://covid19.go.id/p/berita/syarat-pemberlakukan-psbb-bagi-pemerintah-daerah (accessed Jan. 28, 2021).
[6] S. Ayumida, F. Natalia, and Y. S. Nuraeni, “Pelatihan Pembuatan Blog di Yayasan Yatim, Piatu dan Dhuafa Rumah Harapan, Teluk Jambe Timur Karawang,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 316–322, Aug. 2019, doi: 10.31294/jabdimas.v2i2.6152.
[7] D. Haqien and A. A. Rahman, “Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.30998/sap.v5i1.6511.
Published
2019-10-05
How to Cite
[1]
I. Purnamasari, S. Rusiyati, I. Kholil, A. Kadafi, and T. Tuslaela, “Produktif Dari Rumah Dengan Memanfaatkan Media Online”, abdimas, vol. 1, no. 2, pp. 55-60, Oct. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 176 times
PDF downloaded = 141 times