Pengenalan Pengenalan Desain Produk dan Packaging pada UMKM Karang Taruna Bogor

  • Ninuk Wiliani (1*) Institut Teknologi dan Bisnis BRI
  • Neneng Rachmalia Feta (2) Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia
  • Rizki Hesananda (3) Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengabdian kepada masyarakat, karang taruna, teknologi digital

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan melibatkan tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa BRI Institute dan bermitra dengan karang taruna Bojong Kulur di Kabupaten Bogor. Kemajuan teknologi digital telah banyak membantu masyarakat dalam setiap aspek kehidupannya. Namun begitu, pemanfaatannya belum maksimal terutama di kalangan masyarakat bawah di pedesaan dan UMKM. Tim dari BRI Institute hadir sebagai fasilitator dan pendamping dalam pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan program program yang telah disusun oleh karang taruna Bojong Kulur. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dibuat terjadwal dan berkesinambungan agar kemajauan dan kebermanfaatan dari kegiatan ini bisa di monitor agar dapat mengukur penerapan dari pelatihan tersebut dalam palaksanaan penjualan dan perluasan pasar.

References

I. Sunoto and A. L. Nulhakim, “Mengukur Tingkat Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Dengan Pendekatan Metode Fuzzy Infrence System Mamdani,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 711, 2017.

Yanu Pria Fatah, “Dorongan Pemimpin Masyarakat Pada Eksistensi Karang Taruna ANgkatan Remaja Lodoyong di Padakuhan Lodoyong Desa Lumbungrejo,” p. 203, 2014.

M. R. Klimchuk and S. Krasovec, “Packaging Design Successful Product Branding from Concept to Shelf,” Packaging, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2018.

N. Afrian et al., “Manajemen Organisasi Karang Taruna Dalam Mengembangkan Produktivitas Masyarakat di Desa Pasir Kecamatan Mijen Kabupaten Demak,” Progr. Stud. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2017.

S. Amelia, “Perancangan Desain Produk Kemasan Sebagai Media Promosi UPT Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif Disterindag Provinsi Jawa Timur,” Prakt. Kerja, vol. 151, no. 2, pp. 10–17, 2018.

S. A. Hartini and W. Swasty, “Perancangan logo dan kemasan bolu Kemasan Monalisa,” e-proceeding Art Des., vol. 5, no. 3, pp. 1870–1877, 2018.

I. W. S. Dody Handito, Satrijo Saloko, “Pendampingan Cara Pengolahan Dan Pengemasan Produk Emping Jagung Untuk Meningkatkan Mutu Dan Daya Jual Produk,” Pros. PEPADU, vol. 1, no. 9, pp. 1–5, 2019.

H. Tunky and C. Kohardinata, “Perancangan Desain Kemasan Pada Merk Keripik Pisang Bananation di Surabaya,” J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 567–583, 2016.

P. Widodo, D. Gunawan, P. Peperangan Asimetris, F. Strategi Pertahanan, and U. Pertahanan, “Efektivitas Keamanan Informasi Dalam Menghadapi Ancaman Social Engineering Efectiveness Of Informastion Security Threats Facing Social Enineering.”

Y. Anggraeni, S. Faisal, and E. S. Redjeki, “Model Solusi dan Panduan Pembelajaran Transformatif Pada Program Pembinaan Karang Taruna,” J. Pendidik. Luar Sekolah, Progr. Pascasarj. Univ. Negeri Malang, vol. 5, no. 1, pp. 9–15, 2016.

L. R. Tanujaya, H. Semuel, and Devie, “Analisa Pengaruh Corporate Governance , CSR , dan Financial Distress Terhadap Firm Value pada Perusahaan yang Terdaftar dalam BEI Tahun 2011-2015,” Petra Bus. Manag. Rev., vol. 3, no. 1, pp. 63–77, 2017.

Published
2021-04-16
How to Cite
[1]
N. Wiliani, N. Feta, and R. Hesananda, “Pengenalan Pengenalan Desain Produk dan Packaging pada UMKM Karang Taruna Bogor”, abdimas, vol. 3, no. 1, pp. 41-46, Apr. 2021.
Article Metrics

Abstract viewed = 727 times
PDF downloaded = 612 times