Webinar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Bagi Guru BPK Penabur Bogor
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian tindakan sekolah (PTS) merupakan salah satu upaya continuous improvement dalam pendidikan. Para pendidik harus memiliki semangat untuk terus memperbaiki kualitas pengajarannya guna mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan maksimal. Sayangnya para guru di BPK Penabur Bogor masih kurang memahami pentingnya melaksanakan PTK dan PTS, serta pengetahuan teori dan prosedur pelaksaannya sehingga belum dapat menerapkannya dalam pembelajaran. Tujuan dari webinar ini adalah untuk membantu para guru dalam memahami metode pelaksanaan PTK dan PTS guna meningkatkan kualitas pendidikan. Webinar dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh 2 pembicara dan 38 guru BPK Penabur Bogor. Data hasil webinar diperoleh melalui pre-test dan post-test serta angket kebermanfaatan webinar. Hasil perolehan nilai pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemhaman guru mengenai PTK dan PTS setelah mengikuti webinar. Berdasarkan perolehan angket, para guru mengakui bahwa webinar PTK dan PTS ini relevan dan bermanfaat bagi profesi mereka sebagai guru.
References
S. Grundy, “Action Research at the School Level: Possibilities and problems,” Educ. Action Res., vol. 2, no. 1, pp. 23–37, Jan. 1994.
R. Sagor, The Action Research Guidebook: A Four-Stage Process for Educators and School Teams. Thousand Oaks: Corwin Press, 2011.
K. A. O’Connor, H. C. Greene, and P. J. Anderson, “Action Research: A Tool for Improving Teacher Quality and Classroom Practice,” San Francisco, 2006.
A. P. Johnson, A Short Guide to Action Research, 4th ed. London: Pearson, 2012.
E. Ferrance, Action Research. Rhode Island: The Education Alliance at Brown University, 2000.
M. Afandi, “Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2014.
S. Busyrah, H. Alimuddin, and R. Kamaruddin, “Pentingnya PTK Bagi Guru,” MATAPPA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, p. 101, Sep. 2018.
J. Lesha, “ACTION RESEARCH IN EDUCATION,” May 2014.
H. Windayana, “Penelitian Tindakan Sekolah,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, Aug. 2016.
A. Sales, J. A. Traver, and R. García, “Action research as a school-based strategy in intercultural professional development for teachers,” Teach. Teach. Educ., vol. 27, no. 5, pp. 911–919, Jul. 2011.
A. Imron and B. Burhanuddin, Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
![](/public/site/icon-graph.gif)
![](/public/site/icon-pdf.gif)
Copyright (c) 2021 Niko Sudibjo, Nancy Susianna
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.