Webinar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Bagi Guru BPK Penabur Bogor

  • Niko Sudibjo (1*) Universitas Pelita Harapan
  • Nancy Susianna (2) STKIP Surya

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Classroom action research (CAR), School action research (SAR), Teacher

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian tindakan sekolah (PTS) merupakan salah satu upaya continuous improvement dalam pendidikan. Para pendidik harus memiliki semangat untuk terus memperbaiki kualitas pengajarannya guna mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan maksimal. Sayangnya para guru di BPK Penabur Bogor masih kurang memahami pentingnya melaksanakan PTK dan PTS, serta pengetahuan teori dan prosedur pelaksaannya sehingga belum dapat menerapkannya dalam pembelajaran. Tujuan dari webinar ini adalah untuk membantu para guru dalam memahami metode pelaksanaan PTK dan PTS guna meningkatkan kualitas pendidikan. Webinar dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh 2 pembicara dan 38 guru BPK Penabur Bogor. Data hasil webinar diperoleh melalui pre-test dan post-test serta angket kebermanfaatan webinar. Hasil perolehan nilai pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemhaman guru mengenai PTK dan PTS setelah mengikuti webinar. Berdasarkan perolehan angket, para guru mengakui bahwa webinar PTK dan PTS ini relevan dan bermanfaat bagi profesi mereka sebagai guru.

References

S. Grundy, “Action Research at the School Level: Possibilities and problems,” Educ. Action Res., vol. 2, no. 1, pp. 23–37, Jan. 1994.

R. Sagor, The Action Research Guidebook: A Four-Stage Process for Educators and School Teams. Thousand Oaks: Corwin Press, 2011.

K. A. O’Connor, H. C. Greene, and P. J. Anderson, “Action Research: A Tool for Improving Teacher Quality and Classroom Practice,” San Francisco, 2006.

A. P. Johnson, A Short Guide to Action Research, 4th ed. London: Pearson, 2012.

E. Ferrance, Action Research. Rhode Island: The Education Alliance at Brown University, 2000.

M. Afandi, “Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2014.

S. Busyrah, H. Alimuddin, and R. Kamaruddin, “Pentingnya PTK Bagi Guru,” MATAPPA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, p. 101, Sep. 2018.

J. Lesha, “ACTION RESEARCH IN EDUCATION,” May 2014.

H. Windayana, “Penelitian Tindakan Sekolah,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, Aug. 2016.

A. Sales, J. A. Traver, and R. García, “Action research as a school-based strategy in intercultural professional development for teachers,” Teach. Teach. Educ., vol. 27, no. 5, pp. 911–919, Jul. 2011.

A. Imron and B. Burhanuddin, Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Published
2021-04-07
How to Cite
[1]
N. Sudibjo and N. Susianna, “Webinar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Bagi Guru BPK Penabur Bogor”, abdimas, vol. 3, no. 1, pp. 29-34, Apr. 2021.
Article Metrics

Abstract viewed = 633 times
PDF downloaded = 368 times