Pelatihan Digital Financial dan Publikasi Digital Untuk Penggalangan Dana atau Social Crowdfunding

  • Rizki Hesananda (1) Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia
  • Ninuk Wiliani (2*) Institut Teknologi dan Bisnis BRI
  • Neneng Rachmalia Feta (3) Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Payment Gateway, social crowdfunding, Indonesia Untuk Kemanusiaan

Abstract

Spirit good people’s power jadi sebuah tagline yang kini sedang tumbuh melalui penggalangan dana (filantropi) yang bertajuk program pundi kasih, dompet peduli dan program yang lainnya. Fenomena bantu donasi digital yang lebih dikenal dengan social crowdfunding seperti kitabisa.com, globalgiving.com, benihbaik.com dan sebagainya hal ini menjadikan siapapun baik dari kalangan muda ataupun bukan, sangat memudahkan proses donasinya dan pembayaran yang praktis dengan payment gateway yang terjamin keamanan data transaksinya. IKa sebagai human right fund pertama di Indonesia, mempunyai sepak terjang berpengalaman dalam filantropi, mengelola dan membagikan sumber daya melalui donasi public serta IKa pun memiliki visi yang mulia dalam memperjuangkan kehidupan adil, bermartabat dan sejahtera bagi semua. Aksi filantropi IKa yang pernah dilakukan seperti Give Back Sale, konser music, penjualan buku, fashion show dan lain-lain. IKa juga telah memanfaatkan teknologi crowdfunding melalui KitaBisa.com dan global giving dalam menggalangan pundi-pundi sosial. Sering perkembangan zaman, IKa punya sebuah cita-cita membangun crowdfunding sendiri untuk menjalankan kegiatan filantropi yang dimana proses pembayarannya lebih cepat dan integrasi. Pengelolaan keuangan terpantau dengan rapih dan kegiatan donasi tertata lebih rapih. Namun, hal ini terhalang karena keterbatasan pengetahuan tentang digital finansial seperti tata cara transaksi digital, penggunan platform payment gateway, Integrasi pembayaran dengan platform digital serta payment gateway. Maka Program pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat dan banyak keuntungan untuk pengurus IKa dalam meningkatkan pengetahuan mengenai transaksi digital dengan payment gateway.

References

P. Widodo, D. Gunawan, P. Peperangan Asimetris, F. Strategi Pertahanan, and U. Pertahanan, “Efektivitas Keamanan Informasi Dalam Menghadapi Ancaman Social Engineering Efectiveness Of Informastion Security Threats Facing Social Enineering,” 2019.

A. Alinda et al., “Dampak Program Pembinaan dan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Terhadap Kinerja Usaha IKM Klaster Makanan dan Minuman di Kota Cimahi Ayu,” no. 2, 2018, doi: 10.1051/matecconf/201712107005.

A. Hendrawan et al., “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran,” vol. 2, no. 2, pp. 83–88, 2020.

N. Wiliani and S. Zambi, “Rancang Bangun Aplikasi Kasir Tiket Dengan Visual Basic 2010 dan MySql,” J. Rekayasa Inf., vol. 6, no. 2, p. 77, 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

S. A. Ningtyas, Moh.Halim, and A. Puspito, “Desain Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Dan,” J. Ris. Akunt. Keuang., vol. 4, no. 1, pp. 75–86, 2019.

E. Rumasi et al., “Teknologi Informasi dan Dunia Pendidikan.”

Z. Martha, I. Flowerina, A. D. Bishry, and A. D. Bishry, Pengabdian Masyarakat dari Rumah di Era New Normal, vol. 6, no. 1. CV Iqro Penerbitan, 2021.

P. B. Lowry, T. M. Wells, G. Moody, S. Humpherys, and D. Kettles, “Online Payment Gateways Used to Facilitate E-Commerce Transactions and Improve Risk Management,” Commun. Assoc. Inf. Syst., vol. 17, no. February, 2006, doi: 10.17705/1cais.01706.

Published
2021-10-10
How to Cite
[1]
R. Hesananda, N. Wiliani, and N. Feta, “Pelatihan Digital Financial dan Publikasi Digital Untuk Penggalangan Dana atau Social Crowdfunding”, abdimas, vol. 3, no. 2, pp. 79-84, Oct. 2021.
Article Metrics

Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 59 times