Pemanfaatan TIK Berbasis E-Museum Dalam Menarik Minat Pengunjung Dimasa Pandemi Covid-19

  • Tuti Haryanti (1) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Nurmalasari Nurmalasari (2) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Frieyadie Frieyadie (3*) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri https://orcid.org/0000-0002-8282-0672
  • Rani Irma Handayani (4) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Titin Kristiana (5) STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengabdian Masyarakat, E Museum, Pandemic Covid 19

Abstract

Ditengah masa pandemi Covid-19 ini muncul sebuah aturan terutama di Indonesia dimana masyarakat Indonesia diharuskan untuk menjaga jarak antara satu dengan yang lain minimal satu setengah meter sehingga masyarakat Indonesia dipaksa untuk tinggal di rumah atau dirumah saja dan melakukan seluruh aktivitas dari rumah. Pandemi memberi dampak yang sangat signifikan terhadap museum-museum yang mengandalkan pendapatan publik, tidak adanya pemasukan membuat pengelola Museum telah menutup operasional. Permasalahan yang dikenal saat ini adalah rendahnya minat wisatawan berkunjung ke museum ditengah pandemi covid 19. Beberapa Museum di Indonesia yang sebelumnya telah memiliki situs web, telah memanfaatkan situs web untuk melakukan promosi Museum yang dikelolanya, sedangkan masih banyak Museum yang belum memiliki fasilitas situs web sehingga tidak dapat mempromosikan Museum yang dikelolanya kemasyarakat luas. Selain situs masih banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk promosi museumnya kemasyarakat luas. Perlu kegigihan penyelenggara Meseum untuk belajar pemanfaatan media sosial dan berkembang biak di tengah pademik Covid-19 yang mana masyarakat tidak bisa beroperasi secara bebas. Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ke Asosiasi Museum Indonesia (AMIDA) DKI Jakarta Paramita Jaya dan juga kepara anggota AMIDA untuk memberikan gambaran teknologi yang dapat digunakan untuk digunakan dimasa pademik Covid-19 guna meningkatkan kunjungan ke Museum, Jika dipekenalkan Museum virtual (e-museum ) diharapkan dapat menarik minat pengunjung untuk tetap dapat mengunjungi museum

References

Kumparan, “Gawat! 1 dari 8 Museum di Dunia Terancam Tutup Permanen Akibat Pandemi COVID-19 - kumparan.com,” kumparan.com, Jun. 2020. .

N. Ramadhian, “Pengaruh Pandemi Terhadap Museum di Dunia, Interaksi Beralih ke Digital,” DKI Jakarta, Jul. 09, 2020.

I. Nurcahyani and N. Yuniar, “Dampak virus corona, jumlah pengunjung museum Louvre turun 72 persen - ANTARA News,” antaranews.com, Jan. 2020. .

D. A. Fikri, “Menilik Masa Depan Museum di Indonesia Selama Pandemi Corona : Okezone Travel,” travel.okezone.com, Dec. 2020. .

Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan, “Dampak Pandemi Covid-19, Jumlah Kunjungan Museum Batik Menurun,” pekalongankota.go.id, 2020. .

A. Rojai, “Museum NTB di Masa Pandemi, Kunjungan Warga Turun Drastis | Lombok Post,” lombokpost.jawapos.com, Mataram, Oct. .

Aldita Cindy Arfidiandra, R. Rahmaningrum, and W. Luthfi, “Ketahanan Sosial Berbasis Kelompok Peduli Lingkungan dalam Menghadapi Pandemi COVID-19: Studi pada Gerakan Bersih Kecamatan Anggana,” J. Soc. Dev. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 27–36, Oct. 2020, doi: 10.22146/jsds.522.

W. P. Pratama, “Penerapan PSBB Pengaruhi Bisnis, Perusahaan Gadai akan Jemput Bola - Finansial Bisnis.com,” finansial.bisnis.com, p. Multifinance, Apr. 2020.

M. Achyarsyah, R. A. Rubini, and H. Hendrayati, “Strategi Peningkatan Kunjungan Museum Di Era Covid-19 Melalui Virtual Museum Nasional Indonesia,” Image J. Ris. Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 20–33, 2020, doi: 10.17509/image.v9i1.25178.

S. A. Ovan, CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web, I. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia, 2020.

L. Mazia and W. Dari, “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” ABDIMAS Nusa Mandiri, vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021, doi: 10.31980/jpetik.v7i1.988.

Published
2021-04-16
How to Cite
[1]
T. Haryanti, N. Nurmalasari, F. Frieyadie, R. Handayani, and T. Kristiana, “Pemanfaatan TIK Berbasis E-Museum Dalam Menarik Minat Pengunjung Dimasa Pandemi Covid-19”, abdimas, vol. 3, no. 1, pp. 47-52, Apr. 2021.
Article Metrics

Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 81 times