Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Web Di Kelurahan Jati

  • Sayadi Sayadi (1) Universitas Nusa Mandiri
  • Arief Nurulhuda Putra (2*) Universitas Nusa Mandiri
  • Hairunnisa Halim (3) Universitas Nusa Mandiri
  • Afendo Saputra (4) Universitas Nusa Mandiri
  • Rizky Fahrul Rozi (5) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Training; Information System; Web; Village; RT/RW

Abstract

Ketua RT/RW yang ada di Kelurahan Jati masih banyaknya yang belum mengenal dan tahu cara menggunakan sistem informasi berbasis web. Pelayanan terhadap masyarakat di Kelurahan Jati belum cukup maksimal dikarenakan pembuatan pengarsipan data dari laporan masyarakat ke RT/RW sampai kelurahan masih dilakukan secara manual sehingga bisa terjadinya kesalahan penginputan data dan aktivitas yang memakan waktu. Dengan adanya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan melakukan kegiatan pelatihan penggunaan sistem informasi pelayanan masyarakat berbasis web pada Ketua RT/RW dan Staf di Kelurahan Jati. Tujuan kegiatan ini meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi sehingga ke depannya mempermudah modernisasi teknologi dari manual ke komputerisasi sehingga pengarsipan data laporan masyarakat lebih efisien, efektif, transparansi, dan aman. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pelatihan ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pelaksanaan kegiatan, pengumpulan data dengan cara melakukan observasi dan wawancara pada Ketua RT/RW dan Staf di Kelurahan Jati. Dampak dari pandemi covid-19 di Indonesia dan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk tetap mematuhi protokol covid-19, maka pelaksanaan pelatihan dan implementasi sistem informasi pelayanan masyarakat di Kelurahan Jati dilakukan secara daring melalui zoom meeting, walaupun hasil yang diperoleh kurang maksimal dan pelatihan tidak cukup dilakukan beberapa kali harus berulang-ulang. Jadi, tahap selanjutnya bisa diimplementasi ulang oleh peserta pelatihan sebagai demo untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi berbasis web lebih dalam dengan link yang di telah disediakan. Adanya pelatihan ini sangat membantu RT/RW dan Staf di Kelurahan Jati meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

References

B. M. Ariyadi and B. Bahar, “Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, Apr. 2017, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/148.

S. Supriatiningsih, M. Safudin, and E. Yulianto, “Rancang bangun Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Web Pada Desa Sambeng Kulon Kabupaten Banyumas,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 95–103, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5868.

R. Mardiyanto and M. Ismowati, “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang,” Transparansi J. Ilm. Ilmu Adm., vol. 9, no. 2, pp. 184–197, 2017, doi: 10.31334/TRANS.V9I2.23.G22.

A. Sudirman et al., Sistem Informasi Manajemen, vol. 160. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

L. Yoris, D. Sentika, R. Herdiansyah, N. Nurmalasari, and A. Yoraeni, “Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Masyarakat Tingkat RT Dan RW Berbasis Website,” INTI Nusa Mandiri, vol. 15, no. 2, pp. 143–152, Feb. 2021, doi: 10.33480/INTI.V15I2.1753.

B. Rambe, R. O. Wardhana, and Arbani, Pulo Gadung Dalam Angka 2020. Jakarta: BPS Kota Jakarta Timur, 2020.

Y. Andriani, Eri Sasmita Susanto, and M. Julkarnain, “Sistem Informasi Pendaftaran Musabaqahtilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Sumbawa Berbasis Web,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 95–104, May 2020, doi: 10.51401/JINTEKS.V2I2.590.

T. Clivan, B. A. Sugiarso, and A. A. E. Sinsuw, “Aplikasi Website Perpustakaan Berbasis QR-Code,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 1–8, Mar. 2019, doi: 10.35793/JTI.14.1.2019.23760.

Ningrum, “Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Man 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017,” Pengaruh Pengguna. Metod. Berbas. Pemecahan Masal. (Problem Solving) Terhadap Has. Belajar Ekon. SISWA, vol. 5, no. 1, pp. 145–151, 2017.

P. P. J and A. Prayuda, “Analisis Pentingnya Pelatihan Dan Disiplin Kerja Guna Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 14 Tangerang Selatan,” J. Ekon. Ef., vol. 2, no. 2, pp. 100–106, Jan. 2020, doi: 10.32493/JEE.v2i2.4165.

dr. A. Saputra, “Kepanjangan COVID 19 adalah? Dan Berasal dari Mana Virus Ini?,” aido health, Jul. 05, 2021. https://aido.id/health-articles/apa-kepanjangan-dari-covid-19-seluk-beluk-penamaan-wabah-yang-tengah-menggemparkan-dunia/detail (accessed Aug. 05, 2021).

Published
2021-10-10
How to Cite
[1]
S. Sayadi, A. Putra, H. Halim, A. Saputra, and R. Rozi, “Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Web Di Kelurahan Jati”, abdimas, vol. 3, no. 2, pp. 71-78, Oct. 2021.
Article Metrics

Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 44 times