PELATIHAN PEMBUATAN GOOGLE FORM BAGI JARINGAN PEMUDA DAN REMAJA MASJID INDONESIA (JPRMI)

  • Fattya Ariani (1*) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Google Form; Pengabdian; Universitas Nusa Mandiri; JPRMI

Abstract

Pandemi yang tak kunjung selesai memaksa setiap orang untuk senantiasa menjaga jarak antara individu yang satu dengan individu yang lain nya, hal ini amat sangat menyulitkan bagi remaja JPRMI dalam mengumpulkan informasi.  Dengan adanya pelatihan peningkatkan keahlian dan keterampilan bagi para remaja JPRMI pada saat seperti diharapkan dapat membantu remaja JPRMI dalam mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Saat ini telah ada banyak software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tanpa harus mengumpulkan dan datang ke tempat pendata. Google sebagai perusahaan teknologi yang dikenal melalui produk-produknya menyediakan layanan informasi yang dapat diakses secara gratis oleh para penggunanya. Salah satu nya yaitu Google Form. Oleh karena itu, pemuda dan remaja JPRMI perlu memanfaatkan Google Form untuk membantu merencanakan acara, membuat kuisioner, form registrasi kegiatan pemuda dan remaja JPRMI secara online atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Pada kesempatan kali ini, Dosen-Dosen dari Universitas Nusa Mandiri memberikan pendampingan kepada Jaringan Pemuda Dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) dalam penggunaan Google Form sebagai pendukung kegiatan yang dilakukan para remaja JPRMI. Hasil dari kegiatan pengabdian ini meningkatkan kemampuan remaja JPRMI dalam hal penggunaan google form. Sehingga hal tersbut memudahkan kegiatan mereka.

 

References

[1] S. Syamsu, P. Ramlah, and A. Y. Muniar, “Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat dan Perangkat Desa Kurusumange , Kecamatan Tanralili , Kabupaten Maros.”
[2] M. A. Saktiono, “Penerapan Google Form Untuk Evaluasi Kehadiran Perkuliahan Taruna-Taruni Teknika PDP UHT,” J. Apl. Pelayaran dan Kepelabuhanan, vol. 9, no. 2, p. 113, 2019.
[3] D. Kurniadi and A. Mulyani, “Pengaruh Teknologi Mesin Pencari Google Terhadap Perkembangan Budaya dan Etika Mahasiswa,” J. Algoritm., vol. 14, no. 1, pp. 19–25, 2017.
[4] Kasmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Binaan di Kabupaten Takalar,” J. Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, vol. 1, no. 2, pp. 137–142, 2020.
[5] N. L. S. H. Seli Marlina Radja Leba, “Pelatihan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Form Sebagai Media Pembelajaran,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Univ. Pamulang, vol. 1, hal. 42–46, 2020.
[6] M. Iqbal, R. Rosramadhana, B. K. Amal, dan M. E. Rumapea, “Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial,” Jupiis J. Pendidik. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 10, no. 1, hal. 120, 2018, doi: 10.24114/jupiis.v10i1.9652.
Published
2022-07-13
How to Cite
[1]
F. Ariani, “PELATIHAN PEMBUATAN GOOGLE FORM BAGI JARINGAN PEMUDA DAN REMAJA MASJID INDONESIA (JPRMI)”, abdimas, vol. 4, no. 1, pp. 20 - 25, Jul. 2022.
Article Metrics

Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 11 times