NURANI MEMBERI NEGERI: MENYUSUN MATERI PRESENTASI UNTUK BERBICARA DI DEPAN UMUM

  • Widi Astuti (1) Universitas Nusa Mandiri
  • Lia Mazia (2) Universitas Nusa Mandiri
  • Johan Hendri Prasetyo (3*) Universitas Nusa Mandiri https://orcid.org/0000-0003-0514-0945
  • Fajar Sarasati (4) Universitas Nusa Mandiri
  • Aisyah Aisyah (5) Universitas Nusa Mandiri
  • Muhamad Rizki Bahtiar (6) Universitas Nusa Mandiri
  • Kadafi Akbar (7) Universitas Nusa Mandiri
  • Adelia Rizki Nur Azizah (8) Universitas Nusa Mandiri
  • Dani Fikri Ramadhan (9) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Materi Presentasi, Pelatihan, Berbicara, Pengabdian Masyarakat, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 dewasa ini masih berlanjut sampai dengan saat ini. Hal tersebut menyebabkan dampak yang luar biasa bagi semua jenis industri, termasuk dalam industri pendidikan. Dengan adanya pandemi tersebut, semua elemen dalam dunia pendidikan baik guru, peserta didik, dosen, mahasiswa, maupun institusi pendidikan itu sendiri yang harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada, termasuk perubahan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara online atau daring. Dengan adanya pembelajaran secara daring tersebut, menyebabkan seluruh proses pembelajaran harus disiapkan dengan matang, termasuk materi presentasi yang dilakukan oleh peserta didik agar dapat diserap oleh para audiens dengan baik. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan para peserta dapat menyusun materi presentasi yang baik dan menarik, sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami dan tidak menyebabkan kebosanan bagi audiens. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan secara hybrid berupa penyampaian materi pelatihan secara keseluruhan yang kemudian dilanjutkan dengan praktikum pemilihan slide presentasi yang baik melalui Slidesgo.com dan penyusunan materi presentasi dengan PowerPoint, serta diakhiri dengan pengisian angket. Hasil dari pengabdian ini pelajar SMP-SMA binaan LAZGIS Bekasi dapat meningatkan kemampuan dalam menyusun poin-poin dan materi presentasi serta layout presentasi yang baik dan dapat dimengerti audiens.

References

E. A. Johan Hendri Prasetyo, Joko Ariawan, “An Excellent Strategy In Reducing Turnover Intention At Permata Keluarga Bekasi Hospital.” 2021.
W. Astuti et al., “NURANI MEMBERI NEGERI : MENYUSUN MATERI PRESENTASI,” vol. X, no. X, pp. 1–6, 2022.
D. L. Hakim, “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi.” .
G. Mujianto, “Peningkatan Hasil Belajar Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Malang Dengan Model Pembelajaran Integratif.” .
R. A. Rufman Iman Akbar, Adelia Putri, “Pembuatan Bahan Ajar Presentasi Berbasis Template Slidesgo Sebagai Media Pembelajaran Online.” .
M. Jalil, “Pelatihan Pengembangan Materi dalam Bentuk Media Power Point Pada Materi Struktur Luar Tumbuhan.”
Published
2022-05-11
How to Cite
[1]
W. Astuti, “NURANI MEMBERI NEGERI: MENYUSUN MATERI PRESENTASI UNTUK BERBICARA DI DEPAN UMUM”, abdimas, vol. 4, no. 01, pp. 1-7, May 2022.
Article Metrics

Abstract viewed = 15 times
PDF downloaded = 21 times