LEARNING ACTIVITY MANAGEMENT SYSTEM (LAMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPEN SOURCE ONLINE

  • Bahtera Alam Wijaksono Universitas Indraprasta PGRI
  • Tuti Handayani Universitas Indraprasta PGRI
  • Herlinda Herlinda Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Teknologi; Online; Aplication; Learning Activity Management System

Abstract

Teknologi komputer saat ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan. Bahkan, demi mengikuti perkembangan jaman, Pemerintah telah menerapkan ujian akhir sekolah berbasis komputer. Namun, karena jumlah sekolah yang diujicobakan program pemerintah ini baru sedikit, masih banyak guru dan siswa yang merasakan kuatir karena belum terbiasa menghadapinya. Karenanya, Tim memandang Learning Activity Management System (LAMS) ini dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebagai salah satu media pembelajaran, dimana aplikasi ini membuat guru dan siswa lebih percaya diri karena sudah terbiasa dengan ujian berbasis komputer online tersebut. Dengan aplikasi LAMS sebagai pelatihan diharapkan guru dapat memberikan soal ujian kepada siswa secara online sebagai bahan latihan, yang hasilnya dapat dilihat hasilnya secara langsung oleh siswa dan guru. Selain itu, Tim berharap hal ini secara bertahap aplikasi LAMS dapat menggantikan ujian yang sifatnya menggunakan media kertas yang selama ini berjalan sehingga bisa mengurangi pemakaian dan biaya untuk fotocopy soal ujian. Pada kegiatan pelatihan ini menggunakan beberapa metode yang digunakan seperti metode presentasi, ceramah, diskusi dengan metode tersebut tim akan melakukan kombinasi sesuai dengan kebutuhan, untuk mendapatkan hasil evaluasi menggunakan instrumen penelitian berupa angket terhadap tanggapan guru terkait dengan pelatihan LAMS, dimana hasil tanggapan peserta untuk keseluruhan aspek mendapatkan presentase 60% maka dapat disimpulkan pelatihan dengan menggunakan aplikasi LAMS dalam dapat kategori baik, dapat artinya LAMS efektif dalam pembuatan media pembelajaran.

References

A. Maesya, “Learning Management System Berbasis Synchronous E-Learning” . Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika, vol. 7, no. 2, pp. 1, 2020.

A. Setiawati, “Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan LMS pada Lembaga Diklat Pemerintah di Indonesia Implementation of Distance learning Using LMS at Government Education and Training Institutions in Indonesia”, J. Bestari, vol. 2, no. 1, pp. 1-22, 2021.

A. Fakhruddin, L.Putri, Rizqi et al, “Efektivitas LMS ( Learning Management System ) untuk Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh pada Satuan Pendidikan”, J. Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 10026-10033, 2022.

D. Simbolon, “Implementasi Lms (Learning Management System) Moodle Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Universitas Quality” . Jurnal Curere, vol. 5, no. 1, pp. 1, 2021

F. Yuni, “Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19” . J Informatics and Computing, vol. 4, no. 2, pp. 1, 2020.

G. Buana, ”Penggunaan Learning Management System Untuk Meningkatkan Kemampuan Ict Guru Bahasa Inggris Di Bandung Barat“, J Abdimas Siliwangi, vol. 5, no. 1, pp. 1-12, 2022.

H. Nelius “Aplikasi e-learning untuk Pembelajaran Online dan Blended”. UKI PRESS Pusat Penerbitan dan Publikasi Universitas Kristen Indonesia, Jakarta 2020.

I. Jayusman, O. Shavab, “Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah”, J. Artefak, vol. 7, no.1 , pp. 13, 2020.

L. Tomi “Pengembangan Learning Management System (Lms) Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Tulungagung”, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 1, no.1 , pp. 14-22, 2016.

M. Masruri, S. Sukiman, “Penggunaan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI MAN Se-Kabupaten Bantul”, J. Penelitian Keislaman, vol. 17, no.2 , pp. 112-132, 2022.

S. Iqbal, N. Ryan, “Implementasi Learning Management System untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Menengah Kejuruan”, J. Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no.4 , pp. 905-914, 2022.

S. Dewi, Ambiyar, N. Jalinus et al, “Pengunaan Metoda Learning Management System (LMS) Secara Daring Pada Materi Kuliah Hidrologi di Siak Universitas Muhammadiyah Guna Peningkatan Pemahaman Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Teknik Sipil”, J. Dedikasi Pendidikan, vol. 5, no.2 , pp. 483-492, 2021

S. Ni'am “Pengembangan Aplikasi Learning Management System (Lms) Pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smp It) Harapan Bunda Semarang”, J. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, vol. 2, no.1 , pp. 11-32, 2013.

S. Fandy, “Pengembangan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Sederajat” . J Tata Rias, vol. 9, no. 2, pp. 1-10, 2019.

U. Rosmiati , S. Supratman, S. Madawistama “ELMA (E-Learning for Matheatics): Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis LMS (Learning Management System) sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 10, no.2 , pp. 163, 2021.

Wibowo, T. Agung, N. Isa, E. Sunyoto “Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa”, J. Scientific Journal of Informatics, vol. 1, no.2 , pp. 127-137, 2015.

Wiragunawan, N. Gusti, “Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan”, edutech : J Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 83-90, 2022.

Published
2023-04-28
How to Cite
[1]
B. Wijaksono, T. Handayani, and H. Herlinda, “LEARNING ACTIVITY MANAGEMENT SYSTEM (LAMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPEN SOURCE ONLINE”, abdimas, vol. 5, no. 1, pp. 22 -28, Apr. 2023.