PELATIHAN APLIKASI DESIGN PHOTOSHOP TERHADAP MEDIA KREATIF REMAJA MASJID BAITUL HALIM

  • Jordy Lasmana Putra (1) Universitas Nusa Mandiri
  • Mugi Raharjo (2) Universitas Nusa Mandiri
  • Evita Fitri (3*) Universitas Nusa Mandiri
  • Witriana Endah Pangesti (4) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi saat ini berkembang sangat pesat dalam arti perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak. Perkembangan perangkat keras sangat terasa berupa kecanggihan akses dan perkembangan perangkat lunak mengalami perkembangan dan sangat membantu serta berpengaruh dalam meningkatkan kreatifitas. Bermula dari pemuda pemudi Islam berkumpul, tidak hanya dalam kepentingan spiritual namun juga menjadi tempat untuk bertukar pikiran untuk menghadapi masalah yang sedang dihadapi bersama sehingga terbentuklah Organisasi Remaja Masjid Baitul Halim (RBH). Dengan terbentuknya organisasi tersebut sehingga memberikan wadah terhadap remaja untuk berkreatifitas dalam bentuk berbagai kegiatan. Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai media visualisasi dalam kreatifitas adalah aplikasi desain photoshop. Sehingga poster kegiatan yang akan berlangsung terlihat menarik dan diminati. Target luaran dalam program pengabdian masyarakat ini bagi pelaksana adalah press release di media massa cetak atau elektronik dan publikasi di jurnal pengabdian masyarakat. Sedangkan untuk peserta, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan RBH menggunakan aplikasi desain photoshop. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan yaitu survei lokasi kegiatan untuk menggali permaslahan yang dihadapi, tahap pelaksanaan yaitu pelatihan aplikasi desain photoshop secara hybrid dan tahap monitoring dan evaluasi untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengetahuan dan kemampuan remaja masjid baitul halim.

References

R. Dewi and W. Verina, “Pelatihan Desain Grafis Dengan Pemanfaatan Software Photoshop Sebagai Peluang Usaha Graphic Design Training Using Photoshop Software as a Business Opportunity,” Muhammad Barkah Akbar implie, vol. 2, no. 1, p. 53, 2021.

R. Ardiyatna and D. Sudjanarti, “Desain E-Catalog Mengunakan Aplikas Adobe Photoshop CS3 sebagai Pengembangan Promosi di Instagram untuk Meningkatkan Minat Beli Pada Three Brother Blitar,” J A B J. Apl. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 549–552, 2019.

C. Bino Evin and A. Didimus Rumpak, “Analisis Pengembangan Desain Grafis Dalam Aplikasi Photoshop Sebagai Peluang Bisnis Mahasiswa Institut Bisnis Dan Multimedia Asmi,” J. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 33–40, 2019.

G. G. Surya and I. G. Rochyat, “Pelatihan Aplikasi Komputerdesain ( Adobe Photoshop Dan Autocad ) Untuk Bisnis Industri Kreatif,” J. Abdimas, vol. 1, no. 4, pp. 6–18, 2014.

W. Setiyaningsih, “Peningkatan Keahlian Desain Bagi Pemuda Karang Taruna Dalam Mendukung Kewirausahaan,” J. Pengabdi. Masy., vol. 3, pp. 5–9, 2020.

Y. Tanasyah, B. K. Putrawan, S. Sutrisno, and I. Iswahyudi, “Dampak Strategi Pembelajaran Lewat Visualisasi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Masyarakat 5.0,” Visio Dei J. Teol. Kristen, vol. 3, no. 2, pp. 281–303, 2021.

Jauharil Maknuni, “Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19),” Indones. Educ. Adm. Leadersh. J., vol. 02, no. 02, pp. 94–106, 2020.

Y. Efendi, U. Rio, M. Syaifullah, and S. Imardi, “J-PEMAS STMIK Amik Riau Pelatihan Multimedia Learning Dalam Pembuatan Konten Media Kreatif,” Pelatih. Multimed. Learn. Dalam Pembuatan Konten Media Kreat. Pada SMK N 1 Gunung Sahilan, vol. 1, no. 1, pp. 1–3, 2020.

A. Saputro, R. R. Santika, and B. C. Putra, “Pelatihan Digital Imaging Dan Photoshop Untuk Guru Dan Staf Kiddie Planet Preschool Di Jakarta Utara,” Proceeding SINTAK, vol. 3, no. 1, pp. 402–410, 2019.

M. Ziveria, R. Sefina Samosir, and M. Rusli, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Perangkat Adobe Photoshop Untuk Manipulasi Foto Bagi Tim Teknologi Informasi YPU,” ABDIMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020.

Published
2023-04-12
How to Cite
[1]
J. Putra, M. Raharjo, E. Fitri, and W. Pangesti, “PELATIHAN APLIKASI DESIGN PHOTOSHOP TERHADAP MEDIA KREATIF REMAJA MASJID BAITUL HALIM”, abdimas, vol. 5, no. 1, pp. 1 - 7, Apr. 2023.
Article Metrics

Abstract viewed = 237 times
PDF downloaded = 288 times