PELATIHAN DASAR PERANCANGAN WEB STATIS DAKWAH MENGGUNAKAN HTML5 DI RUMAH TAHFIDZH DAAR EL HUFFADZH

  • Dian Ambar Wasesha (1*) Universitas Nusa Mandiri
  • Edhi Prayitno (2)
  • Chaerul Bachri (3)
  • Juarni Siregar (4)

  • (*) Corresponding Author
Keywords: HTML, Website, Tahfidzh, Santri, Dakwah

Abstract

Untuk membentuk SDM yang memiliki integritas yang tinggi tidak bisa dibuat secara instan, namun dibutuhkan waktu yang cukup lama. Salah satu bentuk wadah pendidikan yang diharapkan dapat menciptakan SDM yang memiliki integritas yang tinggi terhadap norma agama dan sosial salah satunya yaitu Rumah Tahfidzh. Rumah Tahfidz Qur’an adalah lembaga dengan aktivitas belajar dan menghafal Al-Qur’an, mengamalkan, dan membudayakan nilai-nilai Al -Qur’an dalam sikap hidup sehari-hari berbasis hunian, lingkungan, dan komunitas. Para santri Rumah Tahfidzh Daar El Huffadzh sehari-harinya dari subuh hingga malam hari berfokus mempelajari ilmu-ilmu dibidang A-Qur’an, seperti tajwid, Bahasa Arab, balaghoh, fikih dan lainnya. Dikarenakan Rumah Tahfidzh Daar El Huffadzh tidak dapat mengeluarkan ijazah formal yang diakui oleh pemerintah sebagaimana MTS atau Aliyah, maka para santri setelah menempuh pendidikan di Rumah Tahfidzh Daar El Huffadzh diharapkan dapat memiliki keterampilan lain agar dapat bersaing mendapatkan pekerjaan di kemudian hari. Keterampilan yang bersifat softskill dapat dikembangkan melalui pelatihan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga tertentu. Atas permasalahan yang ada maka kami memutuskan untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan pada para santri di Rumah Tahfidzh Daar El Huffadzh. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan keterampilan kepada santri di bidang teknologi informasi. Dengan harapan santri bisa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan logika dan penalarannya. Dan pada akhirnya para santri termotivasi untuk mendalami pemrograman web lebih lanjut, hingga kedepannya mereka dapat membuat website untuk mendukung dakwahnya. Berdasarkan evaluasi yang sudah dilaksanakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dan juga para peserta mampu untuk memahami semua materi yang diberikan

References

A. P. Sari, “Persepsi Masyarakat Terhadap Rumah Qur’an Insan Mulia dalam Membentuk Kepribadian Santri di Rt. 31 Kelurahan 16 Ulu Kota Palembang,” Universitas Muhammadiyah Palembang, 2019.

I. S. Rohmadhana, E. Muslimin, and H. M. J. Nashir, “Pengaruh Kepedulian Orang Tua terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur`An pada Peserta Didik Rumah Tahfidz Al Furqon Desa Blumbang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2021,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 3337–3344, 2022.

L. Masruroh and M. Ma’aruf, “Strategi Guru Dalam Memotivasi Hafalan Juz 30 Santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Blawi Masangan Bangil,” J. Islam. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 89–99, 2020.

M. Habibie, “Efektivitas sistem pembelajaran tahfizh al-qur’an di Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang,” UIN Syarif Hidayatullah, 2019.

A. Rozali, “Definisi Santri Menurut Gus Mus,” NU Online, 2018. https://www.nu.or.id/nasional/definisi-santri-menurut-gus-mus-dw7wM.

Resdiono, Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Mengembangkan Diri Melalui Pendidikan Kepramukaan. Guepedia, 2022.

D. Sosiologi, “Jenis Keterampilan dan Contohnya,” 2022. https://dosensosiologi.com/jenis-keterampilan/.

H. B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara, 2023.

“Definition of ‘workshop.’” https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/workshop (accessed Nov. 07, 2022).

H. Hidayati, “Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah,” 2022.

R. Hariyanto Bhidju, Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Demonstrasi. Ahlimedia, 2020.

U. D. M. A. Bando and E. Elihami, “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melalui Konsep Pendidikan Nonformal,” J. Edukasi Nonform., vol. 2, no. 1, pp. 81–90, 2021.

K. Daring, “Arti Diskusi.” https://kbbi.kemdikbud.go.id.

J. Bahasa and I. Supriyati, “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Palu,” J. Bhs. dan Sastra, vol. 5, no. 1, 2020.

J. I. H. Pangemanan, “Evaluasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Tahapan, dan Contoh,” 2022. https://mediaindonesia.com/humaniora/538992/evaluasi-adalah-pengertian-tujuan-tahapan-dan-contoh.

Published
2023-04-28
How to Cite
[1]
D. Wasesha, E. Prayitno, C. Bachri, and J. Siregar, “PELATIHAN DASAR PERANCANGAN WEB STATIS DAKWAH MENGGUNAKAN HTML5 DI RUMAH TAHFIDZH DAAR EL HUFFADZH”, abdimas, vol. 5, no. 1, pp. 15 - 21, Apr. 2023.
Article Metrics

Abstract viewed = 151 times
PDF downloaded = 138 times