PEMANFAATAN E – COMMERCE UNTUK UMKM DI DESA PASIR WETAN KABUPATEN BANYUMAS

  • Nur Amalia Solikhah (1*) Universitas Bina Sarana Informatika
  • Saghifa Fitriana (2) Universitas Bina Sarana Informatika
  • Vadlya Maarif (3) Universitas Bina Sarana Informatika

  • (*) Corresponding Author
Keywords: teknologi, umkm, pelatihan, desain, penjualan

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku usaha tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas usahanya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi. Penggunaan internet oleh UMKM berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di Internet cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. UMKM menghadapi berbagai permasalahan dalam pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan terkait dengan e-commerce, seperti keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, masalah kepercayaan konsumen, persaingan yang ketat, masalah logistik, dan teknologi yang terus berkembang. Tujuan dari pengabdian ini untuk menciptakan inovasi dalam pemasaran produk-produk UMKM sehingga menjadi produk yang banyak dikenal luas dan dapat meningkatkan omset penjualan. Metode yang dilakukan terdiri dari pelatihan, pendampingan, difusi teknologi dalam pemasaran produk melalui e-commers. Hasil yang diperoleh adalah terciptanya inovasi pemasaran produk UMKM, mitra mendapatkan keterampilan dan pengetahuan, hingga diharapkan dapat meninggkatkan penjualan produk secara signifikan.

References

T. Intan, V. T. Handayani, and N. H. Saefullah, “Membangun Generasi Kritis melalui Keterampilan Literasi Digital,” Selaparang, vol. 5, no. 1, pp. 89–94, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6404.

M. Arif, “Profil internet Indonesia 2022,” 2022. [Online]. Available: apji.or.id

“Internet 2022 Usage in Asia,” 2023. https://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia (accessed Apr. 03, 2023).

S. Nugraha and D. Nuraeni, “Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce,” J. Civ. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 181–191, 2021.

H. F. A. Abdi, “Pengertian E-commerce Menurut Para Ahli dan Contohnya di Indonesia.” https://www.liputan6.com/hot/read/4856338/pengertian-e-commerce-menurut-para-ahli-dan-contohnya-di-indonesia (accessed Apr. 11, 2023).

Maria Magdalena Batee, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli,” J. Ekon. dan Ekon. Syariah, 2019.

A. A. Maziyyah, “Penggunaan Self-service Business Intelligence Dalam Pengambilan Keputusan Di Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Toko Sayur Keluarga Yogyakarta,” Universitas Islam Indonesia, 2022.

S. D. Setiawati, A. Diniati, and M. A. S. Sutarjo, “KOMPETENSI KOMUNIKASI DIGITAL SEBAGAI DASAR ADAPTASI DIGITAL MARKETING,” in Prosiding COSECANT: Community Service and Engagement Seminar, 2023, vol. 2, no. 2.

I. M. S. Wiguna, “Analisis Bisnis Penjualan Liquid Palsu di Shopee,” 2022.

P. Trulline, “Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce,” J. Manaj. Komun., vol. 5, no. 2, p. 259, 2021.

G. M. Putra, A. Muhazir, J. Hutahaean, and A. Z. Syah, “Kewirausahaan berbasis E-Commerce untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Polsek Porsea,” in Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 2020, vol. 1, no. 1, pp. 17–23.

I. A. Rozi and K. Khuzaini, “Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee,” J. Ilmu Dan Ris. Manaj., vol. 10, no. 5, 2021.

M. Sean, Developing an Internet Marketing Strategy. 2011.

N. Latifah, A. Widayani, and R. A. Normawati, “Pengaruh perceived usefulness dan trust terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce Shopee,” Bisma J. Bisnis dan Manaj., vol. 14, no. 1, pp. 82–91, 2020.

M. N. Baihaqi et al., “Business Process Reengineering for Red Onion E-Commerce System,” J. INFORMATICS Telecommun. Eng., vol. 6, no. 2, pp. 559–569, 2023.

Published
2023-04-28
How to Cite
[1]
N. Solikhah, S. Fitriana, and V. Maarif, “PEMANFAATAN E – COMMERCE UNTUK UMKM DI DESA PASIR WETAN KABUPATEN BANYUMAS”, abdimas, vol. 5, no. 1, pp. 29 - 35, Apr. 2023.
Article Metrics

Abstract viewed = 161 times
PDF downloaded = 138 times