PEMBELAJARAN PROSES PEMBUATAN MADU BERBASIS RPG-ADVENTURE PADA GAME PETUALANGAN TITAN
Abstract
Dewasa ini semakin banyak cara untuk mempermudah pembelajaran. Berbagai metode telah diterapkan untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih maksimal. Penggunaan teknologi merupakan salah satu aspek yang sangat digemari oleh semua kalangan, dan dapat diterapkan ke semua aspek terutama pendidikan. Dari segi teknologi game selain sebagai media hiburan, sepatutnya dapat juga menjadi pendekatan bagi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Genre game RPG-Adventure bisa menjadi pendekatan yang sangat tepat untuk diterapkan sebagai media pembelajaran berbasis permainan pada teknologi. Game berjudul "Petualangan Titan" merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan kepada semua kalangan terutama anak-anak tentang bagaimana proses pembentukan madu didalam perut lebah. Perancangan game ini diawali dengan analisa kebutuhan, perancangan story board, pembuatan desain, pengkodean, dan pengujian white-box dan black-box. Hasil pengujian white-box menunjukkan bahwa ketika aplikasi dijalankan, terlihat bahwa salah satu basis set yang dihasilkan linier dan terlihat bahwa simpul telah dieksekusi satu kali. Berdasarkan ketentuan tersebut dari segi kelayakan software, system ini telah memenuhi syarat. Sedangkan hasil pengujian black-box menunjukkan bahwa pengujian yang meliputi input, proses, dan outpun dengan acuan rancangan perangkat lunak telah terpenuhi dengan hasil sesuai dengan rancangan. Penerapan RPG-adventure untuk pembelajaran proses pembuatan madu diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal jika didukung dengan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai. Pada game petualangan Titan ini dapat dikembangkan lagi tingkat kesulitan dan penjelasan yang lebih interaktif.
References
Bunadhi, Suriman dan Zemmbry. Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Media Komputindo
Hadibin, M. M., & Purnama, B. E.(2012). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah. Indonesian Jurnal on Computer Science-Speed-FTI UNSA, 10(1), 76–82. Retrieved from ijcss.unsa.co.id
http://msuyanto.com/baru/wpcontent/uploads/2008/09/tahappembuatanfilmanimasi.doc, diunduh pada tanggal 3 Mei 2014.
http://www.ecoworld.com/atmosphere/christopher-marley-shows-usthe-titan-beetle-or-titanusgiganteus.html
Komputer, Wahana. 2010. Toturial 5 Hari Menguasai Adobe Flash CS4. Semarang: Penerbit Andi. Komputer, Wahana. 2010. Panduan Praktis Adobe Flash CS4 untuk Pembuatan Animasi interaktif, Semarang: Penerbit Andi.
MADCOMS.Adobe Flash Professional CS 5.5. Madiun:penerbit ANDI.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering.
Rafastara Fauzi Adi, Prajoko Hajar Sigit dan Diginnovac .Membuat Game Fighting dengan Flash.Jakarta: Penerbit PT Elex Media Media Komputindo.
Wolf, Mark JP. The medium of the video game. University of Texas Press, 2001.
Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 188 times
The copyright of any article in the TECHNO Nusa Mandiri Journal is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-NC license.
- The copyright in each article belongs to the author.
- Authors retain all their rights to published works, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) is the first to publish with a Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY-NC).
- Authors can enter articles separately, manage non-exclusive distribution, from manuscripts that have been published in this journal into another version (for example: sent to author affiliation respository, publication into books, etc.), by acknowledging that the manuscript was published for the first time in Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri);
- The author guarantees that the original article, written by the stated author, has never been published before, does not contain any statements that violate the law, does not violate the rights of others, is subject to the copyright which is exclusively held by the author.
- If an article was prepared jointly by more than one author, each author submitting the manuscript warrants that he has been authorized by all co-authors to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) will not be held responsible for anything that may have occurred due to the author's internal disputes.