PEMBELAJARAN PROSES PEMBUATAN MADU BERBASIS RPG-ADVENTURE PADA GAME PETUALANGAN TITAN

  • Rizki Endika (1*) Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri
  • Hani Harafani (2) Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: RPG-Adventure, Pembelajaran Proses Pembuatan Madu, Game Petualangan Titan

Abstract

Dewasa ini semakin banyak cara untuk mempermudah pembelajaran. Berbagai metode telah diterapkan untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih maksimal. Penggunaan teknologi merupakan salah satu aspek yang sangat digemari oleh semua kalangan, dan dapat diterapkan ke semua aspek terutama pendidikan. Dari segi teknologi game selain sebagai media hiburan, sepatutnya dapat juga menjadi pendekatan bagi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Genre game RPG-Adventure bisa menjadi pendekatan yang sangat tepat untuk diterapkan sebagai media pembelajaran berbasis permainan pada teknologi. Game berjudul "Petualangan Titan" merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan kepada semua kalangan terutama anak-anak tentang bagaimana proses pembentukan madu didalam perut lebah. Perancangan game ini diawali dengan analisa kebutuhan, perancangan story board, pembuatan desain, pengkodean, dan pengujian white-box dan black-box. Hasil pengujian white-box menunjukkan bahwa ketika aplikasi dijalankan, terlihat bahwa salah satu basis set yang dihasilkan linier dan terlihat bahwa simpul telah dieksekusi satu kali. Berdasarkan ketentuan tersebut dari segi kelayakan software, system ini telah memenuhi syarat. Sedangkan  hasil pengujian black-box menunjukkan bahwa pengujian yang meliputi input, proses, dan outpun dengan acuan rancangan perangkat lunak telah terpenuhi dengan hasil sesuai dengan rancangan. Penerapan RPG-adventure untuk pembelajaran proses pembuatan madu diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal jika didukung dengan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai. Pada game petualangan Titan ini dapat dikembangkan lagi tingkat kesulitan dan penjelasan yang lebih interaktif.

References

Budhi, R. K., Noersasongko, E., & Wahono, R. S. (2009). Pengenalan huruf hingga pembentukan kata bagi anak usia dini menggunakan Game RPG-Adventure dengan Konsep Enjoyful Learning. Karya tidak dipublikasikan. Universitas Dian Nuswantoro.

Bunadhi, Suriman dan Zemmbry. Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Media Komputindo

Hadibin, M. M., & Purnama, B. E.(2012). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah. Indonesian Jurnal on Computer Science-Speed-FTI UNSA, 10(1), 76–82. Retrieved from ijcss.unsa.co.id

http://msuyanto.com/baru/wpcontent/uploads/2008/09/tahappembuatanfilmanimasi.doc, diunduh pada tanggal 3 Mei 2014.

http://www.ecoworld.com/atmosphere/christopher-marley-shows-usthe-titan-beetle-or-titanusgiganteus.html

Komputer, Wahana. 2010. Toturial 5 Hari Menguasai Adobe Flash CS4. Semarang: Penerbit Andi. Komputer, Wahana. 2010. Panduan Praktis Adobe Flash CS4 untuk Pembuatan Animasi interaktif, Semarang: Penerbit Andi.

MADCOMS.Adobe Flash Professional CS 5.5. Madiun:penerbit ANDI.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Pressman, R. S. (2010). Software Engineering.

Rafastara Fauzi Adi, Prajoko Hajar Sigit dan Diginnovac .Membuat Game Fighting dengan Flash.Jakarta: Penerbit PT Elex Media Media Komputindo.

Wolf, Mark JP. The medium of the video game. University of Texas Press, 2001.
Published
2014-09-15
How to Cite
Endika, R., & Harafani, H. (2014). PEMBELAJARAN PROSES PEMBUATAN MADU BERBASIS RPG-ADVENTURE PADA GAME PETUALANGAN TITAN. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 11(2), 158-168. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/techno/article/view/509
Article Metrics

Abstract viewed = 66 times
PDF downloaded = 46 times