ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID
Keywords:
Animasi Interaktif, Mengenal Jenis Sampah, Berbasis Android
Abstract
Situasi belajar yang sekarang ini masih berupa metode lisan, dimana kurangnya media untuk menerangkan kepada anak-anak mengenai jenis sampah dan cara mengelolanya. Animasi Interaktif dikenal sebagai media pembelajaran yang cukup menarik bagi pelajar, dikarenakan cara belajar menggunakan animasi tidak membosankan. Animasi ini dapat memberikan pengetahuan mengenai jenis sampah. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan metode pembelajaran yang berbeda dalam hal pengenalan jenis sampah yang diterapkan dalam sebuah objek. Metode penelitian yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak yang diantaranya yaitu android studio, dan adobe flash. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses pengenalan melalui media interaktif bisa memudahkan anak-anak dalam mengenal jenis sampah, hal ini dikarenakan pemahaman anak lebih baik terhadap penjelasan yang menggunakan gambar, efek suara, dan animasi.References
Beni Harsono. (2009). Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media. Jurnal Ptm Volume, 9, 71–79.
Damanhuri, E., & Padmi, T. (2010). Pengelolaan sampah. Diktat Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung, 30.
Komarudin, R., & Noor, R. R. (2017). ANALISIS PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF MENGENAL BAHASA JEPANG. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 12–20. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/330
Putu, I. D., Sudiatmika, A., Cahyawan, A. A. K. A., & Buana, P. W. (2014). Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. Merpati, 2(2), 215–225.
Saryoko, A. (2018). MULTIMEDIA INTERAKTIF EDUKASI LIMBAH SAMPAH DAN CARA PENGELOLAANNYA MENJADI BARANG KERAJINAN TANGAN. PERSPEKTIF: JURNAL EKONOMI, SAINS DAN MANAJEMEN, 16(1), 12–19. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2493
Sembiring, E. B., & Situmorang, M. R. (2018). RANCANG BANGUN DAN ANALISIS PENGENALAN SAMPAH DALAM BENTUK ANIMASI 3D. ISD Vol.3 No 1, 3(1), 16–21.
Sidik, S., & Prasetyo, J. (2017). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA NEGARA-NEGARA ASEAN. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 63–70. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/402
Sidik, S., & Susilowati, S. (2013). DESAIN MEDIA EDUKASI ANIMASI INTERAKTIF CARA PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 10(1). Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/77
Sikumbang, E. D., & Rifai, M. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.
Damanhuri, E., & Padmi, T. (2010). Pengelolaan sampah. Diktat Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung, 30.
Komarudin, R., & Noor, R. R. (2017). ANALISIS PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF MENGENAL BAHASA JEPANG. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 12–20. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/330
Putu, I. D., Sudiatmika, A., Cahyawan, A. A. K. A., & Buana, P. W. (2014). Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. Merpati, 2(2), 215–225.
Saryoko, A. (2018). MULTIMEDIA INTERAKTIF EDUKASI LIMBAH SAMPAH DAN CARA PENGELOLAANNYA MENJADI BARANG KERAJINAN TANGAN. PERSPEKTIF: JURNAL EKONOMI, SAINS DAN MANAJEMEN, 16(1), 12–19. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2493
Sembiring, E. B., & Situmorang, M. R. (2018). RANCANG BANGUN DAN ANALISIS PENGENALAN SAMPAH DALAM BENTUK ANIMASI 3D. ISD Vol.3 No 1, 3(1), 16–21.
Sidik, S., & Prasetyo, J. (2017). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA NEGARA-NEGARA ASEAN. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 63–70. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/402
Sidik, S., & Susilowati, S. (2013). DESAIN MEDIA EDUKASI ANIMASI INTERAKTIF CARA PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 10(1). Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/77
Sikumbang, E. D., & Rifai, M. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.
Published
2018-03-15
How to Cite
Sikumbang, E., & Rifai, M. (2018). ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(1), 7-12. https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.51
Section
Articles
License
The copyright of any article in the TECHNO Nusa Mandiri Journal is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-NC license.
- The copyright in each article belongs to the author.
- Authors retain all their rights to published works, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) is the first to publish with a Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY-NC).
- Authors can enter articles separately, manage non-exclusive distribution, from manuscripts that have been published in this journal into another version (for example: sent to author affiliation respository, publication into books, etc.), by acknowledging that the manuscript was published for the first time in Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri);
- The author guarantees that the original article, written by the stated author, has never been published before, does not contain any statements that violate the law, does not violate the rights of others, is subject to the copyright which is exclusively held by the author.
- If an article was prepared jointly by more than one author, each author submitting the manuscript warrants that he has been authorized by all co-authors to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) will not be held responsible for anything that may have occurred due to the author's internal disputes.