ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID

  • Erma Delima Sikumbang (1*) Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI JAKARTA
  • Muhammad Rifai (2) Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI JAKARTA

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Animasi Interaktif, Mengenal Jenis Sampah, Berbasis Android

Abstract

Situasi belajar yang sekarang ini masih berupa metode lisan, dimana kurangnya media untuk menerangkan kepada anak-anak mengenai jenis sampah dan cara mengelolanya. Animasi Interaktif dikenal sebagai media pembelajaran yang cukup menarik bagi pelajar,  dikarenakan cara belajar menggunakan animasi tidak membosankan. Animasi ini dapat memberikan pengetahuan mengenai jenis sampah. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan metode pembelajaran yang berbeda dalam hal pengenalan jenis sampah yang diterapkan dalam sebuah objek. Metode penelitian yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak yang diantaranya yaitu android studio, dan adobe flash. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses pengenalan melalui media interaktif bisa memudahkan anak-anak dalam mengenal jenis sampah, hal ini dikarenakan pemahaman anak lebih baik terhadap penjelasan yang menggunakan gambar, efek suara, dan animasi.

References

Beni Harsono. (2009). Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media. Jurnal Ptm Volume, 9, 71–79.

Damanhuri, E., & Padmi, T. (2010). Pengelolaan sampah. Diktat Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung, 30.

Komarudin, R., & Noor, R. R. (2017). ANALISIS PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF MENGENAL BAHASA JEPANG. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 12–20. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/330

Putu, I. D., Sudiatmika, A., Cahyawan, A. A. K. A., & Buana, P. W. (2014). Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. Merpati, 2(2), 215–225.

Saryoko, A. (2018). MULTIMEDIA INTERAKTIF EDUKASI LIMBAH SAMPAH DAN CARA PENGELOLAANNYA MENJADI BARANG KERAJINAN TANGAN. PERSPEKTIF: JURNAL EKONOMI, SAINS DAN MANAJEMEN, 16(1), 12–19. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2493

Sembiring, E. B., & Situmorang, M. R. (2018). RANCANG BANGUN DAN ANALISIS PENGENALAN SAMPAH DALAM BENTUK ANIMASI 3D. ISD Vol.3 No 1, 3(1), 16–21.

Sidik, S., & Prasetyo, J. (2017). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA NEGARA-NEGARA ASEAN. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 63–70. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/402

Sidik, S., & Susilowati, S. (2013). DESAIN MEDIA EDUKASI ANIMASI INTERAKTIF CARA PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 10(1). Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/77

Sikumbang, E. D., & Rifai, M. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.
Published
2018-03-15
How to Cite
Sikumbang, E., & Rifai, M. (2018). ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN JENIS SAMPAH BERBASIS ANDROID. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(1), 7-12. https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.51
Article Metrics

Abstract viewed = 521 times
PDF downloaded = 484 times