PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL DAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA PEMBELAJARAN DI TINGKAT PERGURUAN TINGGI

  • Vito Triantori Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Learning Manajemen System, Sosial Media, Perguruan Tinggi

Abstract

Institusi perguruan tinggi saat ini menghadapi tantangan yang lebih besar untuk berubah dan mengalami berbagai transformasi di sekitarnya lingkungan termasuk teknologi dengan sangat cepat. Dalam hal ini pengajar mendapatkan tantangan dan berusaha mengeksplorasi berbagai cara baru dalam meningkatkan teknik mengajar mereka. Penelitian ini dikhususkan untuk menyelidiki penggunaan situs jejaring sosial ataupun Learning Management System di lembaga pendidikan tinggi. Untuk tujuan ini dua tujuan dirumuskan (1) untuk mengetahui sejauh mana pemakaian jejaring social oleh siswa (2) mengetahui penggunaan jejaring social dalam penggunaannya untuk media dalam memberikan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif dengan menggunakan desain survei deskriptif dimana sampel 10% (215 mahasiswa) diambil dari kampus mahasiswa/i AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta Jakarta dan STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Temuan menunjukkan bahwa Sosial Networking Service (SNS) ataupun Learning Management System (Learning Management System) merupakan pilihan yang dapat diandalkan karena para mahasiswa tidak hanya anggota situs jejaring sosial namun juga mayoritas memiliki akses ke perangkat teknologi yang dibutuhkan. Selain itu, rekomendasi untuk memastikan pembelajaran otentik dipresentasikan. Peneliti merekomendasikan eksplorasi pemanfaatan situs jejaring sosial yang ada untuk belajar bersamaan dengan pemangku kepentingan utama.

References

Ajjan, H., & Hartshorne, R. (2008). Investigating faculty decisions to adopt Web 2.0 technologies: Theory and empirical tests. Internet and Higher Education, 11(2), 71–80. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2008.05.002

Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy | Anderson | The International Review of Research in Open and Distance Learning. The International Review of Research in Open and Distance Learning.

APJII, T. (2016). Saatnya jadi Pokok Perhatian Pemerintah dan Industri. Buletin APJII.

Benson, V., Morgan, S., & Filippaios, F. (2014). Social career management: Social media and employability skills gap. Computers in Human Behavior, 30(April), 519–525. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.06.015

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2010). Social network sites: definition, history, and scholarship. IEEE Engineering Management Review, 38(3), 16–31. https://doi.org/10.1109/EMR.2010.5559139

Friedman, L. W., & Friedman, H. H. (2013). Using Social Media Technologies to Enhance Online Learning. Journal of Educators Online, 10(1), 1–22. https://doi.org/10.1007/s11423-015-9367-8

Jovanovic, J., Chiong, R., & Weise, T. (2012). Social Networking, Teaching, and Learning: Introduction to Special Section on Social Networking, Teaching, and Learning (SNTL). Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 7(1), 39–43. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/02cf/f16551ac8ef35ffd45ddb5fe673852808f02.pdf

Lenhart, A., Purcell, K., Smith, A., & Zickuhr, K. (2010). Social Media & Mobile Internet Use among Teens and Young Adults. Millennials. Pew Internet & American Life Project, 1, 1–16. https://doi.org/10.3898/NEWF.78.02.2013

Moran, M., Seaman, J., & Tinti-Kane, H. (2012). Blogs, wikis, podcasts and Facebook: how today’s higher education faculty use social media. Pearson, (October), 1–44.

Nkatha, M. G., Kimwele, M., & Okeyo, G. (2015). The Use Of Social Networking Sites For Learning In Institutions Of Higher Learning. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 4(12), 51–56. Retrieved from www.ijstr.org

Silius, K., Miilumäki, T., Huhtamäki, J., Tebest, T., & Pohjolainen, S. (2010). Students’ motivations for social media enhanced studying and learning. Knowledge Management and E-Learning, 2(1), 51–67. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2010.5492586

Sponcil, M., & Gitimu, P. (2013). Use of social media by college students: Relationship to communication and self-concept. Journal of Technology Research Use of Social Media, 4(1), 1–13. Retrieved from http://www.aabri.com/manuscripts/121214.pdf

Triantori, V. (2018). Report-Media Sosial Sebagai Pendukung Pembelajaran Di Tingkat Perguruan Tinggi. Jakarta.
Published
2018-03-15
How to Cite
Triantori, V. (2018). PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL DAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA PEMBELAJARAN DI TINGKAT PERGURUAN TINGGI. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(1), 43-50. https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.57