SISTEM INFORMASI PENYEWAAN APARTEMEN U-RESIDENCE PADA PT. GRAHA KELOLA MANDIRI TANGERANG

  • Dyah Ayusari Pitaloka Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sifa Fauziah Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Sistem Informasi, Penyewaan Apartemen, Waterfall Model

Abstract

 Penyewaan Apartemen pada PT. Graha kelola Mandiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa yaitu penyewaan apartemen. Seperti perusahaan pada umumnya, penyewaan apartemen pada PT. Graha Kelola Mandiri membutuhkan adanya sebuah sistem terkomuterisasi untuk menunjang dan memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada setiap customer. Sistem penyewaan apartemen pada PT. Graha Kelola Mandiri sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat kekurangan seperti proses pencatatan data dan transaksi membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan besar kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penulisan suatu data dan keamanan dokumennya pun kurang terjamin, karena banyak dokumen yang tercecer dan hilang sehingga akan menjadi sulit jika akan melakukan pencarian data atau pencetakan laporan. Tujuan penelitian ini adalah pembuatan Sistem terkomputerisasi penyewaan menggunakan aplikasi netbeans IDE 8.1 menggunakan metode waterfall untuk mengolah data dan mempermudah proses yang terjadi di Penyewaan Apartemen pada PT. Graha Kelola Mandiri mulai dari pengolahan data unit, data penyewa, transaksi penyewaan, sampai dengan pencetakan laporan. Hasil dari aplikasi ini dapat menjadi solusi terbaik untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di sebuah lembaga seperti Penyewaan apartemen pada PT. Graha Kelola Mandiri yang pada akhirnya akan menunjang efisiensi dan efektifitas dalam proses penyewaan apartemen.

References

Agustina, N. (2015). Penerimaan Teknologi Pengguna Terhadap Sistem Informasi Simpan Pinjam Dengan Metode Technology Acceptace Model. PILAR Nusa Mandiri, XI(2), 171–178.

Aprilian, Y. (2015). Sistem Informasi Penyewaan Kamar Pada Hotel Candra Kirana. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(2), 59–64.

Bagir, M., Supriyanto, A., & Arrosyidi, A. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Di Akademi Keperawatan Adi Husada Surabaya Berbasis Web. JSIKA, 7(3), 1–7.

Nilawati, L. (2018). Analisa Model Rapid Application Development Untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Apartemen. Paradigma, XX(2), 6. https://doi.org/10.31294/p.v

Nurbonita, R., & Haryanto, R. (2017). Analisis Lokasi dan Fasilitas Apartemen Kalibata City serta Implikasinya Terhadap Harga Jual dan Harga Sewa yang Ditawarkan. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 6(1), 50–64.

Pitaloka, D. A., & Fauziah, S. (2018). Laporan Akhir Penelitian - Sistem Informasi Penyewaan Apartemen U-Residence Pada Pt. Graha Kelola Mandiri Tangerang. Jakarta.

Sukamto, R., & Salahudin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Suryadi, L., & Wahyudi, J. (2018). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Pembayaran Ganti Kerugian Lahan Jalan Tol Pada Tim Pengadaan Lahan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Menggunakan Unified Modeling Language. Prosiding SINTAK, 256–265.
Published
2019-02-15
How to Cite
Pitaloka, D., & Fauziah, S. (2019). SISTEM INFORMASI PENYEWAAN APARTEMEN U-RESIDENCE PADA PT. GRAHA KELOLA MANDIRI TANGERANG. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 154-162. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/289
Article Metrics

Abstract viewed = 38 times
PDF downloaded = 25 times