PEMODELAN APLIKASI DUNIA ISLAM MENGAJI BERBASIS ANDROID

  • Eva Rahmawati Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri
  • Ehon Abdulmanan Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Mengaji, Aplikasi Mengaji, Al-Quran, Android

Abstract

Belajar serta mencari ilmu itu sangat penting bagi kita semua. Dengan belajar kita sebagai manusia akan dapat mengerti akan diri kita, lingkungan dan sang Pencipta. Dengan belajar kita mampu dapat menciptakan kreasi yang unik dan menabjubkan yang berupa teknologi. Karena hal tersebutlah sangat diperlukan pada zaman sekarang ini untuk melakukan segala aktivitas dengan serba mudah dan cepat yang dengan mudah dilihat di setiap kegiatan. Pemodelan Aplikasi Dunia Islam ini menjadi salah satu alternatif untuk memudahkan kita karena dapat dibawa kemana saja. Aplikasi tersebut diimplementasikan kedalam smartphone berbasis android yang depat diterapkan oleh pengguna. Androin merupakan suatu sistem opearasi dalam perangkat mobile yang berbasi linux yang mencakup sistem operasi, middleware serta aplikasi. Android menyediakan flalform terbuka untuk pengembang untuk dapat menciptakan sebuah perangkat lunak mobile. Android studio adalah IDE (Intergrated Development Environment) yang resmi digunakan untuk pengembangan aplikasi Android yang bersifat open source atau gratis. Dalam penelitian ini bertujuan untuk melakukan pencarian dengan mudah informasi mengenai seputar Islam, serta dapat membantu kita untuk mempelajari dan mendalami pengetahuan agama islam, dan mengembangkan pengetahuan mengenai perancangan aplikasi berbasis android. Aplikasi ini dibuat mneggunakan bahasa pemrograman Java dengan menggunakan software Android Studio. Fasilitas yang ada dalam aplikasi ini yaitu teks motivasi, vidio ceramah baik recording ataupun live steaming, radio streaming, jadwal sholat, kalender Islam serta artikel-artikel menarik lainnya mengenai Islam yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan smartphone berbasis Android dengan menggunakan Model UML.

References

snawan. (2010). Pendidikan Islam dan Teknologi Komunikasi. Jurnal Falasifa, 1 no 2, 93–110.

Irawan. (2012). Perkembangan Android Dari Masa Kemasa. Jakarta: Andi Offset.

Novandya, Y; Kartika, A; Wibowo, A; Libriadiany, A. (2012). Aplikasi Pengenalan Budaya Dari 33 Provinsi di Indonesia Berbasis Android. Universitas Gunadarma.

Retnasari, Tri ; Rahmawati, Eva; Pambudi, C. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Jasa Servis di Bengkel Motor dengan Model Prototype. Jurnal JIEET2, 2.

Sukamto, R. A., & Shalahudin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sommerville, Ian. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Taqwim. (2012). 7 1/2 Jam Bisa Membaca Al-Quran Metode Tsaqifa. Surakarta: Nur Cahaya Ilmu.

Yati, Melia Nur; Rochmawati, N. (2018). APLIKASI BELAJAR MENGAJI BERBASIS ANDROID Melya Nur Yati Naim Rochmawati. Jurnal Manajemen Informasi, 8.
Published
2019-02-15
How to Cite
Rahmawati, E., & Abdulmanan, E. (2019). PEMODELAN APLIKASI DUNIA ISLAM MENGAJI BERBASIS ANDROID. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 197-20. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/296
Article Metrics

Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 10 times