KINERJA KARYAWAN PT BANK DKI DI TINJAU DARI ASPEK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN IKLIM ORGANISASI

  • Devy Sofyanty Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Transformational Leadership, Organizational Climate, Employee Performance

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, faktor sumber daya manusia memegang peranan penting dalam mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Namun peran pemimpin menjadi tidak kalah penting. Sukses atau tidaknya kinerja perusahaan ditentukan oleh kualitas kepemimpinan. Kepemimpinan transformasional dikembangkan dengan mengacu pada asumsi dasar bahwa pekerja adalah manusia yang bersumber daya yang mampu belajar dan mengerahkan kapabilitas terbaiknya bagi perusahaan. Iklim organisasi merupakan persepsi para anggota individu terhadap berbagai macam aspek lingkungan yang ada dalam perusahaan, suasana organisasi yang nyaman dan menyenangkan menstimulasi karyawan untuk semangat bekerja sehingga menghasilkan kinerja yang optimal. Kinerja adalah pencapaian atau prestasi seseorang berkenaan dengan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya, yang merupakan perbandingan antara hasil kerja yang dilihat secara nyata dengan standar kerja yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan PT Bank DKI. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) secara bersama-sama kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) secara parsial kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan,  (3) secara parsial iklim organsisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan 

References

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Karundeng, C. C. (2013). Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Taspen (persero) cabang Manado. Jurnal Acta Diurna, 2(3).

Marliani. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Marwansyah. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Mondiani, T. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan PT PLN Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jab.v1i1.4317

Muhammad, A. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Muktar, d. (2016). Efektivitas Pimpinan, Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Priyatno, D. (n.d.). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Jakarta: Andi.

Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soetopo. (2012). Perilaku Organisasi, Teori dan Praktek di Bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofyanty, D. (2018). Laporan Akhir Penelitian - Kinerja Karyawan Pt Bank Dki Di Tinjau Dari Aspek Kepemimpinan Transformasional Dan Iklim Organisasi. Jakarta.

Sujarweni, W. V. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.

Tambunan, T. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taryaman, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kumpulan Teori MSDM yang dilengkapi Hasil Penelitian pada Instansi Pemerintah. Yogyakarta: Deepublish.

Umiarso. (2018). Kepemimpinan Transformasional Profetik Kajian Paradigmatik Onto Integralistik di Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Grup.

Usman, H. (2010). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2019-02-15
How to Cite
Sofyanty, D. (2019). KINERJA KARYAWAN PT BANK DKI DI TINJAU DARI ASPEK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN IKLIM ORGANISASI. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 265-272. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/307