PENGARUH LATAR BELAKANG KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

  • Fara Mutia Administrasi Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Family Background, Learning Motivation, Learning Achievement, Sosial Science

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, faktor sumber daya manusia memegang peranan penting dalam mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Karyawan yang bekerja sesuai dengan fungsinya akan menunjang percepatan tercapainya tujuan dan  eksistensi perusahaan. Diperlukan sumber daya yang handal, tangguh, mampu beradaptasi dengan cepat untuk menghadapi persaingan yang semakin sengit seperti sekarang ini. Disamping itu, peran pemimpin menjadi tidak kalah penting. Sukses atau tidaknya kinerja perusahaan ditentukan oleh kualitas kepemimpinan. Kepemimpinan transformasional dikembangkan dengan mengacu pada asumsi dasar bahwa pekerja adalah manusia yang bersumber daya yang mampu belajar dan mengerahkan kapabilitas terbaiknya bagi perusahaan. Kepemimpinan transformasional ditandai oleh pengaruh manajer untuk mengubah perilaku pengikutnya menjadi orang yang mampu dan bermotivasi tinggi serta berupaya mencapai prestasi kerja yang tinggi. Iklim organisasi merupakan persepsi para anggota individu terhadap berbagai macam aspek lingkungan yang ada dalam perusahaan, suasana organisasi yang nyaman dan menyenangkan menstimulasi karyawan untuk semangat bekerja sehingga menghasilkan kinerja yang optimal. Kinerja adalah pencapaian atau prestasi seseorang berkenaan dengan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya, yang merupakan perbandingan antara hasil kerja yang dilihat secara nyata dengan standar kerja yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan PT Bank DKI. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) secara bersama-sama kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) secara parsial kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan,  (3) secara parsial iklim organsisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan 

References

Erwiyati. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa MTS. Miftahul Kota Kediri. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 11(2), 180–187.

Gunadi, C. L., & Gunawan, W. (2014). Hubungan Motivasi Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa SMA “X” di Jakarta Barat. Jurnal NOETIC Psychology, 4(1), 23–42.

Khafid, M., & Suroso. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 185–204.

Maryani. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Survey pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Palu). Jurnal Katalogis, 4(4), 166–177.

Siregar, M. W., & Situmorang, J. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Alat Ukur dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Siswa Kelas X di SMK Al-Washliyah 4 Medan. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1), 68–79.

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21–30.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa, 5(2), 177–185.
Published
2019-02-15
How to Cite
Mutia, F. (2019). PENGARUH LATAR BELAKANG KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 273-278. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/308