ANALISA PENGGUNAAN SISTEM BARCODE UNTUK MENDUKUNG PAPERLESS DALAM MENINGKATKAN KEUNTUNGAN FINANSIAL DAN OPERASIONAL PADA PT SANGRA RATU BOGA

  • Danny Ong Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Operasional, Dokumen Non Fisik

Abstract

Penggunaan kertas fisik dalam dunia usaha saat ini banyak menjadi pertimbangan sebagai salah satu pemborosan yang dapat mempengaruhi siklus keuangan perusahaan. Penghematan penggunaan dokumen tanpa menggunakan kertas fisik diharapkan menjadi salah satu cara untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, terlebih lagi untuk perusahaan yang memiliki kantor dan juga beberapa pabrik dalam menjalankan usahanya seperti PT Sangra Ratu Boga. Sejak pertengahan tahun 2018 hingga saat ini, manajemen perusahaan sudah mengalihkan sekitar 85% operasional perusahaan khususnya operasional didalam perusahaan menjadi operasional dokumen non fisik. Proses operasional dokumen non fisik didukung dengan penggunaan barcode sehingga penggunaan kertas sudah sangat minim dan manajemen mengharapkan dapat mengurangi biaya operasional perusahaan dengan maksimal. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi dan melakukan analisa terhadap penggunaan barcode terkait keterhubungan dengan effektivitas dan effisiensi dari sisi kinerja karyawan dan khususnya penghematan secara finansial. Hasil akhir dari analisa yang dilakukan adalah memang terbukti dari sisi pengeluaran operasional perusahaan menunjukkan bahwa adanya keuntungan dari penghematan biaya atas pembelian kertas fisik dan juga performa karyawan cukup meningkat secara signifikan dalam menjalankan operasional perusahaan sehari-hari karena memasukan data saat ini dapat dilakukan dengan semi otomatis sehingga proses manual hanya terjadi pada beberapa aktivitas yang tetap membutuhkan dokumen fisik.

Author Biography

Danny Ong, Universitas Bina Sarana Informatika

Saya merupakan lulusan S1 dan S2 dari sisi Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara atau yang dikenal dengan Binus. Saat ini saya mengajar di Universitas Bina Sarana Informatika sebagai Dosen Luar Biasa (DLB) kampus Cengkareng (M) 

Saat ini saya juga bekerja sebagai praktisi IT Analyst di salah satu perusahaan IT yang merupakan modal bagi saya untuk dapat memberikan ilmu tambahan/sharing kepada mahasiswa/i saya di kampus

References

Bassignani, M. J., Dierolf, D. A., Roberts, D. L., & Lee, S. (2010). Paperless protocoling of CT and MRI requests at an outpatient imaging center. Journal of Digital Imaging, 23(2), 203–210.

Burnham. (2009). Clients Helped to Reduce Costs Associated with Paper Consumption. International Journal of Micrographics & Optical Technology, 27(3), 17–18.

Carr, M. R. (2005). An analysis of the feasibility of a paperless environment - the case of the Mona School of Business. Management of Environmental Quality: An International Journal, 16(4), 286–290.

Gogan, J. L., & Rao, A. (2010). Barcodes, RFIDS, lemonade and conversation. Journal of Information Technology, 25(4), 450–456.

Luse, A., Mennecke, B., & Townsend, A. (2017). Electronic Forms-Based Computing for Evidentiary Analysis. Journal of Digital Forensics, Security and Law, 4(3), 17–35.

Ong, D. (2019). Analisa Penggunaan Sistem Barcode untuk Mendukung Paperless dalam Meningkatkan Keuntungan Finansial dan Operasional Pada PT SANGRA RATU BOGA.

Prokopovic, K., Prokopovic, T., & Jelic, M. (2016). Information technologies in integrated logistics. Ekonomika, 62(1), 175–186.

Rotchanakitumnuai, S. (2013). Assessment of e-procurement auction with a balanced scorecard. International Journal of Physical Distribution and Logistics Management, 43(1), 39–53.

加藤真也, 小林千秋中西優子. (2014). No Title小児発熱性疾患におけるプロカルシトニンの臨床的意義の検討 ~川崎病を中心に~, 4(4), 561–565.

Published
2019-08-01
How to Cite
Ong, D. (2019). ANALISA PENGGUNAAN SISTEM BARCODE UNTUK MENDUKUNG PAPERLESS DALAM MENINGKATKAN KEUNTUNGAN FINANSIAL DAN OPERASIONAL PADA PT SANGRA RATU BOGA. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 1-6. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.587
Article Metrics

Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 8 times