MENGUKUR TINGKAT KENYAMANAN PENGUNJUNG TAMAN BUAH MEKARSARI BOGOR MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI

  • Samsul Ma’arif Sistem Informasi STMIK Mercusuar
  • Sfenrianto Sfenrianto Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri
  • Edhi Prayitno STMIK Nusa Mandiri
Keywords: K-Nearest Neighbor, Information Gain, Student Performance

Abstract

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu destinasi wisatawan domestik yang berada di Bogor, Jawa Barat yang cukup banyak mendapat kunjungan. Penerapan Fuzzy Inference System (FIZ) digunakan untuk mengukur tingkat kenyamanan pengunjung pada Taman Buah Mekarsari. Tingkat kenyamanan pengunjung mengacu kepada 3 (tiga) kriteria variabel yang digunakan yaitu pelayanan, fasilitas dan kebersihan. Masing-masing variabel memiliki sejumlah indikator, yaitu 5 pertanyaan pada variabel pelayanan, 5 pertanyaan pada variabel fasilitas dan 3 pertanyaan pada variabel kebersihan. Metode fuzzy yang digunakan adalah metode Mamdani dengan menggunakaan max-min yang memiliki derajat keanggotaan min. 0 dan max.1. Kemudian dilakukan proses defuzzyfikasi untuk mendapatkan hasil penelitian yang menunjukan pengaruh antara kualitas pengunjung terhadap kenyamanan yang diberikan. Pengukuran tingkat kenyamanan Taman Buah Mekarsari dengan metode Mamdani menggunakan software Matlab 7.9 sebesar 5,37. Hasil dari metode Mamdani menyatakan cukup puas terhadap kenyamanan yang diberikan kepada pengunjung Taman Buah Mekarsari.

References

Badan Pusat Statistik. (2017). Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Obyek Wisata Unggulan Menurut Lokasi 2011-2015. Retrieved from https://jakarta.bps.go.id/Statictable/2017/01/30/158/Jumlah-Kunjungan-Wisatawan-Ke-Obyek-Wisata-Unggulan-Menurut-Lokasi-2011-2015.Html

Damanik, J. (2014). Meanings, Purposes, And Activities Of Suburban Family Tourism In Yogyakarta, Indonesia (U. P. Porananond Dan V. T. King, ed.). Cambridge Scholars Publishing.

Dempsey, C. (2015). Visa Global Travel Intentions Study. Retrieved from https://usa.visa.com/travel-with-visa/global-travel-intentions-study.html

Gokmen, Akinci, Tektas, O. (2010). Evaluation of Student Performance In Laboratory Applications using Fuzzy Logic (Procedia S).

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy. Jakarta: Graha Ilmu.

Ma’arif, Samsul ; Sfenrianto; Prayitno, E. (2019). Mengukur Tingkat Kenyamanan Pengunjung Taman Buah Mekarsari Bogor Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer.

Sastrayuda, G. S. (2010). Hand Out Mata Kuliah Concept Resort and Leisure, Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Resort And Leisure. In Hand out resort and leisure. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/Lainnya/Gumelar_S/Hand_Out_Matkul_Konsep_Resort_And_Leisure/Pengembangan_Kawasan_Desa_Wisata.Pdf

Satwiko. (2009). Pengertian Kenyamanan Dalam Suatu Bangunan. Yogyakarta: Wignjosoebroto.

Sulistiyana, R. T., Hamid, D., & Azizah, D. F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(2), 1–9.

Yoeti, O. A. (2003). Tours And Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramita.

Published
2019-08-03
How to Cite
Ma’arif, S., Sfenrianto, S., & Prayitno, E. (2019). MENGUKUR TINGKAT KENYAMANAN PENGUNJUNG TAMAN BUAH MEKARSARI BOGOR MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 95-102. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.620
Article Metrics

Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 9 times