PENERAPAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) DALAM MEMBUAT MODEL PENILAIAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB

  • Astrilyana Astrilyana Manajemen Informatika AMIK BSI Pontianak
  • Nurul Afni Manajemen Informatika AMIK BSI Pontianak
Keywords: Metode Fuzzy Inference System, Model Penilaian, Pemrograman Web

Abstract

Dalam sebuah institusi pendidikan, kurikulum merupakan standarisasi bagian dari sebuah kejuruan. Kurikulum berisi mata pelajaran yang akan diajarkan dalam tingkat pembelajaran. Setiap mata pelajaran akan didetailkan target kompetensinya berdasarkan silabus yang telah di sepakati. Pemrograman web merupakan mata pelajaran praktik yang menjadi salah satu bagian dalam kurikulum sekolah menengah kejuruan untuk jurusan multimedia. Penilaian pemahaman mata pelajaran ini dilakukan hanya dengan mengujikan sebagian target kompetensi yang ada dalam silabus. Hal ini menyebabkan evaluasi terhadap mata pelajaran tersebut menjadi terlambat dan tidak efektif. Dengan permasalahan ini maka dibutuhkan model penilaian baru yang dapat menilai secara keseluruhan pemahaman siswa. Metode Fuzzy Inference System (FIS) merupakan metode yang dapat digunakan dalam membuat model penilaian baru dalam menilai pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pemrograman web. Model penilaian ini mencakup penilaian pada setiap kompetensi yang ada lama silabus. Dari hasil penerapan metode ini ditemukan bahwa metode ini memiliki 70% keakurasi dalam menilai pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pemrogrman web. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model ini lebih efektif dalam menilai pemahaman pemrograman web. Model ini akan dibuat dalam bentuk GUI agar lebih mudah dalam penerapannya.Tujuan dari penelitian ini dapat membantu memberikan penilaian yang lebih akurat terhadap daya serap siswa sebagai bekal dalam pengevaluasian untuk pengembangan mata pelajaran pemrograman web.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astrilyana & Afni, N.(2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Pontianak: AMIK BSI Pontianak

Nilashi, Mehrbakhsh, Mohammad Fathian, Mohammad Reza Gholamain, Othman bin Ibrahim, Amir Talebi, dan Norafida Ithnin. 2011. A Comparative Study of Adaptive Fuzzy Inferencen System(ANFIS) and Fuzzy Inference System (FIS) Approach for Trust in B2C Electronic Commerce Website. JCIT, 1975-9320

Ferdianandus & Indah, Ira Luvi. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membantu Siswa SMA Kelas XII dalam menentukan jurusan di Perguruan Tinggi dengan menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani. IDeaTech, 2089-1121.

Gahara, Budiarti. 2016. Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013.TANZIM, 2548-3978.

Khodijah, N. (2016). Kinerja guru madrasah dan guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi di Sumatera Selatan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Rusdiana, Herman, Kamin Sumardi, Enang S. Arifiyanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar Menggunakan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Sistem Refrigerasi. Journal Of Mechanical EngineeringEducation, 2.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from http://www.dpr.go.id/uu/uu2003/UU_2003_20.pdf

Kusumadewi, Sri., & Hartati, Sri. (2010). Neuro-Fuzzy Integrasi Sistem Fuzzy Jaringan Syaraf. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri. (2012). Analisis & Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2017-07-15
How to Cite
Astrilyana, A., & Afni, N. (2017). PENERAPAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) DALAM MEMBUAT MODEL PENILAIAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 281-288. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/251
Article Metrics

Abstract viewed = 16 times
PDF downloaded = 11 times